View Full Version
Sabtu, 25 Feb 2017

Putra Legenda Tinju Muhammad Ali Ditahan Selama 2 Jam di Bandara AS Karena Bernama Arab

WASHINGTON (voa-islam.com) - Seorang putra legenda tinju dunia Muhammad Ali ditahan untuk diinterogasi selama dua jam di bandara Florida setelah kembali dari Jamaika karena namanya yang terdengar Arab, media-media AS melaporkan.

Seperti dilansir France24 hari Sabtu (26/2/2017) Muhammad Ali Jr, 44, yang lahir di Philadelphia dan memiliki paspor AS, bepergian dengan ibunya Khalilah Camacho-Ali, istri kedua almarhum legenda olahraga tinju, teman dan pengacara Chris Mancini mengatakan kepada Louisville Courier-Journal.

Mancini mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa keduanya ditahan untuk ditanyai di Bandara Internasional Fort Lauderdale pada tanggal 7 Februari karena nama mereka yang terdengar Arab.

Namun Camacho-Ali dibebaskan setelah dia menunjukkan kepada agen bea cukai AS foto dirinya dengan mantan suaminya.

Namun Muhammad Ali Jr tidak punya foto semacam itu - dan menurut Mancini dia ditahan selama hampir dua jam dan berulang kali ditanya "Dari mana Anda mendapatkan nama Anda?" dan "Apakah Anda Muslim?"

Ketika dia mengatakan bahwa dia - seperti ayahnya - seorang Muslim, agen tersebut bertanya dengan pertanyaan menyelidik lebih lanjut.

"Untuk keluarga Ali, itu jelas bahwa ini secara langsung terkait dengan upaya Trump untuk melarang Muslim dari Amerika Serikat," Mancini mengatakan kepada Courier-Journal, sebuah referensi untuk perintah eksekutif Presiden Donald Trump akhir Januari lalu yang memberlakukan larangan masuk selama 90 hari bagi warga tujuh negara mayoritas Muslim.

Larangan perjalanan tersebut sejak itu telah dihentikan oleh pengadilan federal AS.

Mancini mengatakan bahwa ia dan keluarga Ali mencoba untuk mencari tahu berapa banyak orang lain yang dihentikan untuk ditanyai hal yang sama, dan sedang mempertimbangkan gugatan federal.

Petugas bandara dan Bea Cukai tidak menjawab pertanyaan dari surat kabar tentang kasus itu.

Muhammad Ali, salah satu dari pahlawan ikonik olahraga abad 20, meninggal setelah pertempuran panjang dengan penyakit Parkinson pada 3 Juni tahun lalu di usia 74 tahun.

Pada tahun 1964 dia mengganti nama lahirnya dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali ketika ia masuk Islam.

Warga Louisville, Kentucky itu pernah menikah empat kali dan memiliki tujuh anak perempuan dan dua anak laki-laki. (st/f24)


latestnews

View Full Version