View Full Version
Kamis, 02 Mar 2017

Pejuang Oposisi Suriah Dukungan Turki Rebut 2 Desa di Manbij dari Pasukan Kurdi

MANBIJ, SURIAH (voa-islam.com) - Para pejuang oposisi Suriah yang didukung Turki telah merebut dua desa yang dikuasai Kurdi di Suriah, beringsut lebih dekat ke Manbij, yang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berjanji untuk kuasai.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh pejuang yang didukung Turki, yang merupakan bagian dari kampanye militer Turki Efrat Shield di Suriah hari Rabu (1/3/2017), desa Tal Turin dan Qara, terletak di sebelah timur al-Bab, disita menyusul bentrokan berat dengan pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF).

SDF adalah koalisi pejuang sekuler Arab dan pasukan dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), yang saat ini mengendalikan hampir semua perbatasan utara seluruh Suriah dengan Turki.

Pada hari Selasa, Erdogan mengumumkan bahwa setelah pasukan Turki menyelesaikan operasi mereka di al-Bab, mereka akan bergerak menuju kota Manbij yang dipegang Kurdi.

Pasukan Komunis Kurdi, terutama Partai Uni Demokratik (PYD), dan sayap militernya, YPG, merebut kota Suriah utara Manbij dari Islamic State (IS) tahun lalu.

Pihak berwenang Turki lebih dulu mengumumkan penangkapan al-Bab bulan lalu. Mereka telah membuat klaim serupa setidaknya dua kali sejak itu.

Turki mulai intervensi militer di Suriah pada bulan Agustus 2016, mengirim tank dan pesawat tempur melintasi perbatasan. Ankara mengaakan bahwa kampanye militer itu bertujuan mendorong IS dari perbatasan Turki dengan Suriah dan menghentikan kemajuan pasukan Komunis Kurdi. (st/ptv)


latestnews

View Full Version