View Full Version
Selasa, 14 Mar 2017

28 Pemberontak Syi'ah Houtsi Tewas dalam Serangan Udara Koalisi Saudi di Hajjah

HAJJAH, YAMAN (voa-islam.com) - Setidaknya 28 pemberontak Syi'ah Houtsi tewas pada hari Senin (13/3/2017) dalam serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi dan rentetan artileri oleh tentara pemerintah Yaman di provinsi baratlaut Hajjah dekat perbatasan Saudi, menurut tentara Yaman.

"Pasukan militer kami hari ini (Senin) membombardir posisi Houtsi di distrik Midi provinsi Hajjah, menewaskan delapan militan Houtsi," kata pusat informasi militer dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di halaman resmi Facebook mereka.

"Sementara itu, koalisi udara Arab [yang dipimpin Saudi] pada siang hari yang sama menargetkan sejumlah konsentrasi Houtsi di Direktorat Hiran provinsi Hajjah, menewaskan sedikitnya 20," tambah pernyataan itu tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Yaman tetap dalam keadaan perang sejak 2014, ketika pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Iran dan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Syi'ah Ali Abdullah Saleh menyerbu ibukota Sanaa dan bagian lain dari negara, berusaha menguasai seluruh negeri berpenduduk mayoritas Sunni tersebut.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya meluncurkan kampanye udara luas yang bertujuan untuk membalikkan keuntungan militer Syi'ah Houtsi serta sekutunya dan menopang pemerintah sah Yaman yang didukung Saudi dan internasional. (st/albawaba)


latestnews

View Full Version