View Full Version
Kamis, 16 Mar 2017

AS Berencana Kirim 1000 Pasukan Tambahan ke Suriah

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat berencana untuk mengirim tambahan ribuan pasukan ke Suriah, menurut pejabat Pentagon.

Sampai dengan 1.000 tentara tambahan AS bisa disebar ke Suriah utara di bawah rencana sementara yang disusun oleh Pentagon.

Para pejabat Pentagon mengklaim hari Kamis (16/3/2017) bahwa pasukan tersebut tidak akan mengambil peran tempur tetapi akan mendukung serangan sekutu di Raqqa, ibukota de facto Islamic State (IS) di Suriah, The Washington Post melaporkan.

Saat ini, ada sekitar 700 Pasukan Khusus dan 300 Marinir di Suriah.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan rencana baru itu akan memungkinkan untuk 1.000 lebih. "Itu salah satu usulan yang ada di meja untuk didiskusi," kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Pejabat itu mengklaim pasukan tersebut tidak akan berada dalam pertempuran langsung, melainkan bertugas dalam peran dukungan untuk kebutuhan kemampuan militer tambahan  di Suriah utara, di mana koalisi pimpinan AS melatih dan mendukung yang disebut Tentara Demokratik Suriah (SDF), yang didominasi oleh Unit Rakyat Perlindungan (YPG), cabang Suriah dari kelompok teroris PKK.

Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan Pentagon untuk menyusun rencana untuk mengalahkan IS di Suriah dan Irak. Selama kampanye presiden ia mengatakan ia akan mempertimbangkan mengirim sampai 30.000 tentara untuk melawan Islamic State. (st/Orient)


latestnews

View Full Version