View Full Version
Senin, 20 Mar 2017

3 Anggota Pasukan AS Terluka Ditembaki Tentara Afghanistan di Helmand

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang tentara Afghanistan hari Ahad (19/3/2017) menembaki tentara AS ketika mereka melatih pasukan Afghanistan di pangkalan di provinsi Helmand. Tiga tentara AS terluka dalam serangan orang dalam pertama kali dilaporkan tahun ini, di mana personel keamanan Afghanistan menembaki rekan-rekan mereka dari koalisi pasukan asing.

Dukungan Tegas, misi NATO di Afghanistan, mengakui insiden tersebut dalam sebuah pernyataan yang dirilis di Twitter.

Serangan itu dilakukan oleh seorang perwira Tentara Nasional Afghanistan (ANA) dari Korps Angkatan Darat 215 Maiwand "selama latihan militer," TOLONews melaporkan. Tentara AS dilaporkan membunuh tentara Afghanistan tersebut. orps Angkatan Darat 215 Maiwand berbasis di Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand, yang sangat diperebutkan oleh Taliban.

Taliban tidak menyatakan tanggung jawab untuk serangan hari Ahad, tetapi mengetahuinya. Zabihullah Mujahid, juru bicara resmi  Taliban menggambarkan prajurit Afghanistan tersebut sebagai "warga Afghanistan dengan rasa patriotisme."

Di masa lalu, Taliban telah menyusupi pasukan keamanan Afghanistan untuk melaksanakan serangan tersebut atau mempengaruhi tentara atau polisi untuk mengarahkan senjata mereka pada personil Koalisi. Pada tahun 2012, Mullah Muhamma Umar, pendiri dan amir pertama dari Taliban, mengumumkan bahwa ia menciptakan departemen "Dakwah dan Bimbingan, Ajakan dan Integrasi", "dengan cabang-cabang ... yang sekarang beroperasi di seluruh negeri," untuk mendorong pembelotan dan serangan terhadap pasukan koalisi.

Insider hari Ahad, atau disebut juga serangan hijau-pada biru, adalah yang pertama dicatat oleh FDD Long War Journal sejak Oktober 2016, ketika seorang pria bersenjata mengenakan seragam tentara Afghanistan menewaskan seorang tentara AS dan seorang tentara bayaran asal AS, dan melukai tentara AS lain dan dua kontraktor keamanan, di Kabul.

Dalam serangan penyusup yang tercatat lainnya pada tahun 2016, tentara afghan menembakkan senjata mereka terhadap tentara Rumania selama latihan di pangkalan di Kandahar pada bulan Mei. Dua tentara Rumania tewas dan seorang lainnya terluka.

Insiden ini telah menurun dari 44 pada 2012 menjadi hanya dua pada tahun 2016. Hal ini disebabkan penurunan jumlah dramatis dalam pasukan koalisi serta meningkatkan langkah-langkah keamanan. Namun demikian, banyak juga kejadian serangan penyusup yang ditutup-tutupi dan tidak dilaporkan. (st/tlwj)

Share this post..

latestnews

View Full Version