View Full Version
Ahad, 02 Apr 2017

Hamas Ancam Tindak Keras Warga Palestina yang Berkolaborasi dengan Zionis Israel

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Kelompok Islam Hamas di Gaza mengatakan hari Sabtu bahwa "langkah-langkah radikal" akan diambil terhadap warga Palestina yang "berkolaborasi" dengan Israel, seminggu setelah salah satu komandan militer dibunuh.

Juru bicara kementerian dalam negeri Iyad al-Bozum mengatakan langkah-langkah yang harus diambil segera bisa berarti penangkapan, pengadilan dan bahkan eksekusi.

Selama musim panas 2014 konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, sayap bersenjata kelompok itu secara terbuka mengeksekusi enam orang yang dituduh berkolaborasi dengan Israel.

Pada tanggal 24 Maret, orang-orang bersenjata di wilayah Palestina menembak mati pejabat Hamas Mazen Fuqaha, yang telah dibebaskan oleh Israel dalam pertukaran tahanan tahun 2011, dalam apa yang tampaknya menjadi pembunuhan yang direncanakan.

Fuqaha dibebaskan bersama dengan lebih dari 1.000 warga Palestina lainnya dalam pertukaran untuk Gilad Shalit, seorang tentara Israel yang Hamas telah ditahan selama lima tahun.

Setelah Fuqaha tewas, Hamas menunjuk jari menyalahkan pada "kolaborator" dan pada Israel.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Hamas mengatakan akan mengizinkan para pekerja PBB dan Palang Merah asing untuk meninggalkan daerah kantong itu setelah mereka menutup satu-satunua persimpangan jalan kaki dengan Israel.

Mereka menutup perlintasan Erez sehari setelah kelompok itu menyalahkan negara Yahudi Israel atas kematian Fuqaha ini.

"Sebagai pengakuan dari kebutuhan untuk bantuan kemanusiaan di Gaza, Kementerian Dalam Negeri memutuskan untuk mengizinkan para pekerja asing PBB dan Palang Merah bergerak bebas untuk memasuki dan meninggalkan Jalur Gaza," kata seorang juru bicara kementerian.

Pembatasan lainnya tetap berlaku, pernyataan itu menambahkan, tapi "kasus-kasus kemanusiaan yang membutuhkan perjalanan" akan diperiksa secara individual.

Pada hari Senin, pihak berwenang membuka kembali Erez bagi yang memasuki Gaza, namun pria antara 18 hingga 45 tahun sebagian besar masih dicegah meninggalkan daerah kantong berpenduduk dua juta orang tersebut.

Laporan-laporan mengatakan Hamas sedang mencari pembunuh dari Faqha, 38, percaya mereka masih di wilayah itu, tetapi efek ketukan telah signifikan.

Pada hari Jum'at, kantor Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah menangguhkan misi untuk Gaza ketika frustrasi tumbuh atas pembatasan, menurut sebuah sumber yang dekat dengan organisasi.

Sekitar setengah lusin pekerja bantuan internasional dicegah meninggalkan daerah itu pekan ini, sumber kemanusiaan senior mengatakan.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa, hingga Jum'at, 79 pasien Gaza telah melewatkan janji medis di Israel karena pembatasan tersebut.

Lebih dari dua pertiga warga Gaza bergantung pada bantuan, PBB mengatakan.

Erez adalah satu-satunya perlintasan bagi orang-orang, meskipun rute terpisah tersedia untuk barang.

Pada hari Kamis, sebuah koalisi lebih dari 100 LSM Palestina dan kelompok hak asasi menyerukan Hamas untuk membuka kembali penyeberangan.

Israel telah mempertahankan blokade terhadap Gaza selama satu dekade, sebagian besar membatasi warga masuk ke negara Yahudi tersebut. (st/TNA)


latestnews

View Full Version