View Full Version
Ahad, 09 Apr 2017

Bom Pinggir Jalan Tewaskan 8 Tentara Afghanistan di Provinsi Balkh

VALKH, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Sebuah bom pinggir jalan menewaskan sedikitnya sembilan tentara Afghanistan selama operasi militer di utara Provinsi Balkh, Afghanistan.

Laporan media pada hari Ahad (9/4/2017) mengutip seorang pejabat Afghanistan mengatakan bahwa selain sembilan tewas, banyak lagi pasukan Afghanistan terluka dalam bentrokan dengan mujahidin di Chimtal, Balkh malam sebelumnya.

Munir Ahmad Farhad, juru bicara gubernur provinsi, mengatakan pasukan Afghanistan memerangi pejuang Taliban di wilayah tersebut.

Dia mengatakan lima pejuang juga gugur selama operasi militer yang sedang berlangsung.

Pejuang Taliban telah menduduki sejumlah distrik di seluruh negeri, dan sedang mengintensifkan serangan mereka ketika kondisi cuaca lebih baik. Pejuang Taliban melancarkan serangan meningkat di negara yang dilanda perang setiap musim semi, menargetkan pasukan keamanan Afghanistan dan pasukan asing pimpinan AS.

Enam belas tahun yang lalu, Amerika Serikat memimpin koalisi pasukan asing dalam menginvasi Afghanistan menargetkan pemerintahan sah Taliban saat itu. Sementara kelompok itu dipaksa keluar dari kekuasaan dalam perang, yang berlanjut hingga hari ini, anggotanya telah melakukan serangan di seluruh negeri sejak itu.

Saat ini 8.400 tentara AS yang ditempatkan di basis-basis yang berbeda di Afghanistan.

Jenderal AS Joseph Votel, yang bertanggung jawab atas operasi militer AS di Timur Tengah, baru-baru ini mengatakan militer telah meminta Menteri Pertahanan Jim Mattis untuk pasukan di Afghanistan.

Votel mengungkapkan niat AS untuk penguatan pasukan Amerika di Afghanistan bulan lalu. (st/ptv)


latestnews

View Full Version