View Full Version
Selasa, 25 Apr 2017

Menteri Yaman: Pemberontak Syi'ah Houtsi Larang Ratusan Truk Bantuan Masuki Taiz

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Menteri Administrasi Lokal Yaman dan Ketua Komite Tinggi untuk Bantuan Abdul-Raqib Saif Fateh mengatakan pemberontak Syi'ah Houtsi dan pasukan yang setia kepada mantan presiden terguling Ali Abdullah Saleh telah melarang masuk 200 truk bantuan ke provinsi Taiz yang terkepung di Yaman tengah.

Milisi kudeta mencegah 200 truk berisi makanan dan bantuan medis yang berasal dari pusat bantuan internasional memasuki provinsi Taiz.

Menteri tersebut menggambarkan penahanan konvoi bantuan tersebut oleh pemberontak Syi'ah Houtsi sebagai "tindakan teroris di luar semua hukum kemanusiaan dan internasional", kantor berita SABA melaporkan.

Dia menyalahkan pemberontak karena "membuat orang-orang di provinsi itu kelaparan dan berkontribusi pada memburuknya situasi kemanusiaan."

Ini bukan kali pertema pemberontak Syi'ah Houtsi melarang masuk bantuan untuk warga yang tengah mengalami kelaparan dan kesehatan yang memburuk akibat perang tersebut.

Lembaga kemanusiaan telah lama mengeluhkan kurangnya akses kepada orang-orang membutuhkan bantuan di Yaman yang dilanda perang menyusul kerap diberlakukannya blokade, pelarangan masuk bantuan termasuk penahanan para pekerja dengan tuduhan yang mengada-ngada oleh pemberontak Syi'ah Houtsi.

PBB memperingatkan tahun lalu bahwa Taiz berada di ambang kelaparan akibat pertempuran tersebut. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version