View Full Version
Jum'at, 28 Apr 2017

Polisi India Tangkap Pemimpin Perlawanan Wanita Kashmir

JAMMU, KASHMIR (voa-islam.com) - Polisi India menangkap seorang pemimpin pergerakan wanita di Kashmir ketika India mengintensifkan tindakan keras terhadap suara-suara perlawanan di Jammu Kashmir yang disengketakan.

"Syedah Aasiyeh Andrabi dan Sofi Fahmeeda ditangkap tadi malam (Rabu/26/4/2017) pukul 11.30 malam dari rumahnya (Andrabi) di Srinagar," kata organisasi mereka Dukhtaran-e-Millat (DeM).

Menurut polisi India di wilayah tersebut, Aasiyeh - pendiri dan ketua DeM - ditangkap karena kemungkinan perannya dalam demonstrasi pro-kemerdekaan oleh mahasiswi perempuan di Srinagar, ibu kota Jammu Kashmir, pekan lalu.

Sejumlah anak perempuan telah turun ke jalan di Srinagar untuk melakukan demonstrasi menentang pemerintah India di wilayah tersebut, sehari setelah pasukan India memasuki sekolah tinggi Pulwama di Kashmir selatan dan memukuli para mahasiswa.

Segera setelah video pemukulan tersebut terjadi, para pelajar di Kashmir keluar dalam demonstrasi, meningkatkan slogan untuk kemerdekaan.

"Kami percaya bahwa dia (Aasiyeh) mencoba untuk menghasut gadis-gadis pelajar yang sudah marah di sekolah dan perguruan tinggi dan oleh karena itu dia ditangkap," kata seorang pejabat polisi senior kepada Anadolu Agency yang tidak mau disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Sementara orang-orang Kashmir yang melempar batu ke pasukan India telah, selama delapan tahun terakhir, menjadi lambang perlawanan Kashmir terhadap pemerintah India, selama seminggu terakhir, gadis-gadis Kashmir dengan batu-batu itu telah menjadi simbol baru.

"Kami hanya marah dan kami ingin melakukan demonstrasi damai menentang pemerintah India. Tapi pasukan India memukuli beberapa dari kita, menyiksa kita dan menggunakan tembakan gas air mata ... lalu kita melawan dengan batu, "kata salah satu gadis yang ikut demonstrasi kemarin, dengan syarat tidak disebut namanya karena alasan keamanan.

Penangkapan Aasiyeh terjadi pada hari yang sama ketika perintah resmi disahkan oleh pemerintah India untuk melarang semua situs-situs media sosial di Kashmir yang telah dipenuhi demonstrasi pro-kemerdekaan selama bulan lalu.

Sementara itu, Pakistan telah mengecam penangkapan Aasiyeh dan pemimpin Kashmir lainnya.

"Para pemimpin Hurriyat (Semua partai Hurriyat Conference), Syed Ali Geelani, Mirwaiz Umar Farooq, Yasin Malik dan Aasiyeh Andrabi tetap berada dalam tahanan sewenang-wenang atau penahanan ilegal. Kami menyesalkan perlakuan tidak manusiawi yang diberikan kepada para pemimpin Kashmir", kata Kementerian Luar Negeri Pakistan pada sebuah pernyataan pada hari Kamis (27/4/2017).

Kantor luar negeri itu juga mengecam New Delhi karena memblokir layanan internet dan alat media sosial lainnya di lembah yang mereka jajah tersebut.

"Untuk menyembunyikan pelanggaran berat hak asasi manusia dan kejahatan terhadap kemanusiaan, pasukan pendudukan India telah memberlakukan larangan layanan Internet di Kashmir yang diduduki. Tidak ada kekuatan kasar dan mematikan yang bisa menghalangi gadis-gadis ini ", tambahnya.

Lahir pada tahun 1963, Aasiyeh Andrabi bergabung dengan organisasi keagamaan dan politik, Jamaat-e-Islami, dan kemudian pada tahun 1985 membentuk partainya sendiri.

Pada tahun 1990, dia menikahi Ashiq Hussain Faktoo, seorang komandan tertinggi pejuang perlawanan selama hari-hari pertama gerakan perlawanan Kashmir melawan pemerintah India. Faktu menjalani hukuman penjara seumur hidup sejak 1993 atas "keterlibatannya" dalam pembunuhan aktivis hak asasi manusia HN Wanchoo.

Aasiyeh ditangkap oleh pemerintah India untuk pertama kalinya bersama dengan suami dan bayinya pada tahun 1993 selama 13 bulan. Sejak itu, dia pernah ke penjara beberapa kali.

Namanya, bagaimanapun, menjadi nama rumah tangga di Kashmir pada tahun 1991 ketika dia mengeluarkan sebuah keputusan yang meminta semua wanita di Kashmir untuk memakai jilbab.

Kashmir, sebuah wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim, dikuasi oleh India dan Pakistan di beberapa bagian dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dipegang oleh Cina.

Kedua negara telah bertempur dalam tiga perang - pada tahun 1948, 1965 dan 1971 - sejak dipisahkan pada tahun 1947, dua di antaranya memperjuangkan Kashmir.

Kelompok perlawanan Kashmir di Jammu Kashmir telah berperang melawan pemerintah India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Lebih dari 70.000 orang dilaporkan terbunuh dalam konflik tersebut sejak 1989. India mempertahankan kehadiran lebih dari setengah juta tentara di wilayah yang disengketakan tersebut. (st/aa)


latestnews

View Full Version