View Full Version
Ahad, 30 Apr 2017

Miris! Kesulitan Ekonomi Paksa Pengungsi Suriah di Libanon Jual Organ Tubuh untuk Biayai Hidup

TRIPOLI, LIBANON (voa-islam.com) - Para pengungsi Suriah yang putus asa di Libanon harus menjual organ tubuh mereka untuk menopang hidupnya sendiri dan keluarga mereka, sebuah penyelidikan atas perdagangan organ yang terungkap awal pekan ini.

Seorang pedagang organ yang berurusan dengan broker dari kedai kopi di Beirut berbicara kepada BBC tentang pekerjaannya yang tidak sah dan mengerikan, yang dia sebut "bisnis yang sedang booming" karena keadaan darurat komunitas pengungsi Suriah yang sedang tumbuh di negara ini.

"Saya mengeksploitasi orang-orang, itulah yang saya lakukan," pria yang diidentifikasi sebagai Abu Jaafar, mengatakan kepada BBC.

"Saya tahu apa yang saya lakukan itu ilegal tapi saya membantu orang, begitulah saya melihatnya.

"Klien menggunakan uang untuk mencari kehidupan yang lebih baik untuk dirinya dan keluarganya," katanya, menambahkan: "Beberapa klien saya pasti meninggal!".

Abu Jaafar mengatakan bahwa dia kebanyakan menerima permintaan untuk ginjal, tapi dia juga menemukan dan fasilitas-fasilitas kesehatan yang meminta untuk organ lainnya.

"Mereka pernah meminta mata, dan saya bisa mendapatkan klien yang bersedia menjual matanya."

Sebagai seorang perantara, Abu Jaafar akan membawa kliennya yang rela, dengan ditutup matanya, ke lokasi rahasia dimana seorang dokter akan melakukan operasi - seringkali di klinik sementara yang didirikan di properti sewaan.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia kemudian akan merawat sang donor selama sekitar satu pekan, sampai jahitan dibuka.

"Saat mereka kehilangan jahitan, kami tidak peduli dengan apa yang terjadi pada mereka lagi. Saya tidak terlalu peduli jika [donor] itu meninggal, saya mendapatkan apa yang saya inginkan," katanya kepada BBC.
Apa yang bisa mereka lakukan? Mereka putus asa dan mereka tidak memiliki cara lain untuk bertahan hidup kecuali dengan menjual organ mereka

Abu Jaafar mengaku telah memfasilitasi penjualan organ yang "dipanen" dari sekitar 30 pengungsi dalam tiga tahun terakhir.

Dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak yang dia dapatkan dari setiap kesepakatan atau memberikan informasi tentang ke mana organ-organ tersebut pergi, namun mengatakan setidaknya ada tujuh pedagang organ lain seperti dia yang beroperasi di seluruh negeri.

Klien terakhir Abu Jaafar, seorang anak laki-laki Suriah berusia 17 tahun mengatakan kepada BBC bahwa dia menjual ginjalnya seharga 6.500 pound (8.300 dolar AS), untuk melunasi hutang dan uang sewa.

"Saya sudah menyesalinya tapi apa yang bisa saya lakukan," kata remaja tersebut. "Saya tidak ingin melakukan ini tapi saya putus asa, saya tidak punya pilihan lain."

Sejak 2011, krisis Suriah telah membuat lebih 600.000 orang terbunuh dan 12 juta orang dipaksa keluar dari rumah mereka dalam perpindahan orang terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Pada saat itu, lebih dari 1,1 juta orang Syria mencari perlindungan di negara tetangga Libanon.

Dengan kebijakan pintu terbuka, negara tersebut pada awalnya menyambut banyak orang dengan tangan terbuka, memungkinkan para pengungsi untuk masuk tanpa visa dan untuk memperpanjang kartu tinggal hampir secara gratis.

Namun saat krisis di Suriah terus berlanjut, para pengungsi datang untuk membentuk hampir seperlima populasi.

Di bawah tekanan lokal, pada bulan Januari 2015 pemerintah Libanon mengeluarkan peraturan yang mengharuskan warga Suriah untuk memperbarui ijin tinggal mereka dengan kondisi yang jauh lebih ketat. Undang-undang baru tersebut pasti membuat banyak orang tidak sah.

Saat ini, sekitar 70 persen pengungsi di Libanon kekurangan status hukum, yang di antara masalah lain membatasi kemampuan mereka untuk bekerja, mengakses pendidikan dan perawatan kesehatan, atau hanya bergerak bebas tanpa takut ditangkap oleh polisi.

"Mereka yang tidak terdaftar sebagai pengungsi sedang berjuang," kata Abu Jaafar kepada BBC.

"Apa yang bisa mereka lakukan? Mereka putus asa dan mereka tidak memiliki cara lain untuk bertahan kecuali menjual organ tubuh mereka." (st/TNA)


latestnews

View Full Version