View Full Version
Ahad, 07 May 2017

Sisa Bom Perang Dunia II Sebabkan 50 Ribu Orang di Hannover akan Dievakuasi

HANNOVER, JERMAN (voa-islam.com) - Sekitar 50.000 warga di kota Hannover Jerman akan dievakuasi dari rumah mereka pada hari Ahad ini (7/5/2017) ketika para ahli menjinakkan lima bom sisa peninggalan Perang Dunia Kedua.

Dikutip dari BBC, operasi semacam ini merupakan yang kedua dilakukan di Jerman, dan akan berdampak pada sekitar sepersepuluh populasi kota.

Evakuasi akan dilakukan terhadap penghuni dan fasilitas gedung yang berada di kawasan tersebut, termasuk tujuh rumah perawatan, sebuah klinik, dan pabrik ban Continental.

Pemerintah berharap warga yang terdampak dapat kembali ke rumah mereka pada Ahad malam.

Evakuasi mulai dilakukan pada 9 pagi waktu setempat dan penduduk disarankan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti obat-obatan bersama mereka ketika pergi dari gedung, dan juga memadamkan gas dan sambungan listrik.

Upaya penjinakkan bom ini juga akan berdampak pada perjalanan kereta, seperti dilapokan otoritas lokal.

Pemerintah kota juga telah menyusun program tur, pemutaran film anak-anak dan pertandingan olahraga untuk membantu mereka yang dievakuasi menghabiskan waktu mereka.

Puluhan ribu porsi sup telah disiapkan, menurut kantor berita Jerman, DPA.

Pesawat sekutu membom Hannover selama Perang Dunia Kedua, menewaskan puluhan ribu orang dan menghancurkan sebagian besar kota tersebut.

Pada 9 Oktober 1943, terutama pada malam yang mematikan, 1.245 orang tewas dan 250.000 kehilangan rumah mereka akibat dijatuhi 260.000 bom.

Evakuasi yang dilakukan terkait bom peninggalan Perang Dunia Kedua ini merupakan yang terbesar sejak Hari Natal tahun lalu, di Augsburg.

Sekitar 54.000 orang dievakuasi setelah sebuah bom dengan berat 3,8 ton ditemukan dalam proyek pembangunan gedung.[fq]


latestnews

View Full Version