View Full Version
Selasa, 09 May 2017

Puluhan Guru di Logar Afghanistan Berprofesi Ganda Sebagai Pengajar dan Pejuang Taliban

PUL-I-ALAM, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Puluhan guru sekolah di Afghanistan berprofesi ganda sebagai pengajar dan pejuang di jajaran Taliban berperang melawan pasukan keamanan pemerintah di provinsi Logar tengah, kata pejabat setempat pada hari Senin (8/5/2017).

Seperti dilansir Pajhwook Afghan News, juru bicara gubernur Logar, Salim Saleh, menduga para guru ini bekerja setengah hari dengan pemerintah, mengantongi gaji dan kemudian bertempur bersama dengan Taliban melawan pasukan keamanan sepanjang sisa hari itu.

Untuk mendukung klaimnya, Saleh mengatakan bahkan sampai pagi hari ini (Senin-Red) seorang guru terbunuh dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di daerah Padkhab Shana di pinggiran Pul-i-Alam, ibu kota provinsi tersebut.

Dia mengatakan bentrokan tersebut membuat dua pejuang Taliban gugur dan satu di antaranya kemudian diidentifikasi sebagai guru di Sekolah Tinggi Usmania.

Dia mengidentifikasi guru yang terbunuh itu sebagai Naqibullah.

Seorang penduduk daerah Padkhab Shana, Ahmad Zia, mengatakan empat orang menderita korban di pagi hari menyusul bentrokan antara pasukan keamanan dan orang-orang bersenjata Taliban. Dia menambahkan orang yang gugur termasuk guru SMA di daerah itu.  (st/pjhk)


latestnews

View Full Version