View Full Version
Kamis, 15 Jun 2017

Militer Filipina Klaim Tangkap Saudara Laki-laki Pemimimpin Kelompok Afiliasi IS di Marawi

MARAWI, FILIPINA sELATAN (voa-islam.com) - Militer Filipina menklaim bahwa mereka menangkap salah satu saudara laki-laki Maute pada hari Kamis (15/6/2017), seorang anggota senior kelompok pejuang yang berafiliasi dengan Islamic State (IS) yang bertempur di kota selatan.

Mohammad Noaim Maute, alias Abu Jadid, ditangkap di sebuah pos pemeriksaan di dekat kota pesisir Cagayan de Oro sesaat setelah fajar, kata Letnan Kolonel Jo-Ar Herrera, juru bicara militer.

Dua saudara laki-laki Mohammad, Omarkhayam dan Abdullah, memimpin kelompok Maute yang berada di garis depan pertempuran sengit dengan pasukan keamanan untuk Marawi City, sekarang di pekan keempat. Marawi berjarak sekitar 100 km selatan Cagayan de Oro, namun tidak jelas apakah Mohammad berasal dari kota yang dikepung tersebut.

Sebagian besar dari tujuh bersaudara Maute lainnya, termasuk Omarkhayam dan Abdullah, diyakini berada di Marawi.

Orangtua mereka ditahan pada pekan lalu di kota-kota yang terpisah.

Brigadir Jenderal Gilbert Gapay, juru bicara Komando Mindanao militer, mengatakan bahwa Mohammad Noaim Maute diduga sebagai pembuat bom untuk kelompok tersebut. Dia mengatakan bahwa Mohammad Noaim Maute memegang kartu mahasiswa palsu dari Universitas Negeri Mindanao, yang berbasis di Marawi, saat mampir di pos pemeriksaan. Dia tidak bersenjata.

Polisi setempat mengatakan Mohammad Noaim Maute, seorang guru bahasa Arab, dengan mudah mengakui identitasnya saat ditanyai, menambahkan bahwa Mohammad Noaim sekarang sedang diinterogasi. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version