View Full Version
Jum'at, 16 Jun 2017

India Tentang Blokade Negara GCC, Pasok Makanan dan Persediaan Langsung ke Qatar

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Kapal-kapal yang penuh dengan makanan dan persediaan dari India sekarang akan tiba langsung di Pelabuhan Hamad Qatar tanpa harus berhenti di manapun di kawasan Teluk, menawarkan bantuan segar ke emirat kecil yang diblokir oleh tetangganya sejak 5 Juni.

Rute baru ini menghubungkan Pelabuhan Hamad di Qatar dengan pelabuhan Mundra dan Nhava Sheva di India, menurut Kantor Berita Qatar.

Kapal-kapal India akan tiba di pelabuhan Hamad setiap hari Jumat, dengan pengiriman pertama diperkirakan membawa 710 kontainer, kata Kementerian Transportasi Qatar.

Qatar telah berusaha untuk memecahkan blokade yang diberlakukan di Arab Saudi, UEA dan Bahrain, yang memblokir beberapa rute pengiriman barang dan darat Qatar yang biasa. Penerbangan juga telah terpengaruh oleh negara tetangga Teluk yang menolak membiarkan maskapai Qatar menggunakan wilayah udara mereka.

Doha telah mendirikan rute pengiriman langsung dengan Oman dan telah mencari pemasok alternatif bahan makanan dan barang dari negara-negara seperti Turki dan Iran.

Pihak berwenang Qatar juga telah meyakinkan warga dan penduduk bahwa mereka dapat mengatasi blokade tersebut tanpa adanya kerusakan signifikan pada ekonomi dan kehidupan sehari-hari.

Blokade tersebut telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia internasional karena dampaknya terhadap warga biasa.

Ketiga negara dan sekutu mereka di luar wilayah Teluk memutuskan hubungan dengan Doha tanpa peringatan pekan lalu.

Mereka seolah-olah mengklaim Qatar mendukung "kelompok teroris" - sebuah tuduhan yang dibantah Doha dengan keras - namun langkah tersebut kemungkinan dimaksudkan untuk memaksa Qatar mengalihkan kebijakan luar negerinya agar lebih sesuai dengan kebijakan Riyadh, Abu Dhabi dan sekutu mereka. (st/TNA)


latestnews

View Full Version