View Full Version
Rabu, 21 Jun 2017

Unta Pun Ikut Jadi 'Korban' Krisis Diplomatik Saudi CS Versus Qatar

QATAR/ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Ribuan unta Qatar yang dideportasi dari Arab Saudi terjebak di perbatasan saat krisis diplomatik Teluk juga menyasar hewan ternak paling terkenal di kawasan ini.

Unta berpunuk satu, ikon padang pasir, diternakkan untuk susu, daging, bulu dan kulit mereka - belum lagi kekuatan dan khasiatnya sebagai hewan kerja di peternakan.

Tapi pejabat Qatar harus masuk untuk membangun tempat penampungan darurat di sisi perbatasan mereka ketika unta-unta ini terjebak di barisan geopolitik antara Riyadh dan Doha, dengan beberapa ekor unta sekarat karena kehausan dalam kondisi terik di perbatasan.

Setelah memotong semua hubungan diplomatik dengan Qatar dan menutup satu-satunya perbatasan darat awal bulan ini, Arab Saudi memberi warga dan penduduk Qatar 14 hari untuk meninggalkan negara tersebut dan kembali ke Qatar.

Hal ini telah memaksa banyak pemilik peternakan Qatar, yang memelihara ternak mereka di Arab Saudi selama bulan-bulan musim dingin untuk merumput dan berkembang biak, untuk mencoba menggeser ternak kembali melintasi perbatasan.

Tapi dengan jam buka perbatasan yang sangat terbatas, hanya beberapa ratus yang dapat menyeberang setiap hari, dan hewan yang terdampar di perbatasan tertutup sangat menderita kehausan atau luka yang tidak diobati.

Tempat penampungan darurat, di sisi perbatasan Qatar, dilengkapi dengan tangki air dan makanan yang menyelamatkan nyawa unta-unta dan domba-domba yang telah berhasil menyebrang sejauh ini.

Sedikitnya 25.000 unta dan domba dipahami telah melewati blokade tersebut, kembali dengan selamat ke Qatar - namun ribuan lainnya diperkirakan akan tiba di perbatasan dalam beberapa hari mendatang.

Kementerian Kota dan Lingkungan Doha juga telah membentuk tim pengemudi, pakar hewan dan staf lainnya untuk membantu para pemilik unta.

Video dan foto yang diposting di media sosial yang menunjukkan kafilah besar unta melintasi perbatasan gurun telah memicu kemarahan.

"Saya tidak terkejut dengan pengusiran unta Qatar dari Arab Saudi. Saya benar-benar terkejut bahwa orang terkejut. Mereka yang tidak menunjukkan belas kasihan kepada manusia tidak akan peduli dengan ternak demi Tuhan!, tulis pemilik akun @MRNakhala yang diterjemahkan oleh situs The New Arab.

Sementara @abu_gaiss mengatakan; "Saudi tidak hanya mengusir warga Qatar selama ziarah mereka, tapi juga mengusir unta mereka! Memalukan.

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi dan negara-negara sekutu memotong semua hubungan dengan Qatar, menutup satu-satunya perbatasan darat, yang melarang pesawat terbang dari wilayah udara mereka dan melarang warga Qatar memasuki bandara mereka.

Mereka menuduh Qatar diduga mendukung dan mendanai "terorisme" dan bekerja sama dengan saingan regional Iran - tuduhan yang dibantah Doha dengan keras.

Keputusan tersebut telah mengganggu perdagangan yang terganggu, memisahkan keluarga dan menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi militer di kawasan Teluk. (st/TNA)


latestnews

View Full Version