View Full Version
Ahad, 25 Jun 2017

Presiden Trump Sampaikan Ucapan Selamat Idul Fitri

WASHINGTON, DC (voa-islam.com) - Presiden AS Donald Trump pada hari Sabtu kemarin (24/6/2017) mengirimkan salam hangat kepada umat Islam yang merayakan akhir Ramadhan, setelah pemerintahannya melanggar tradisi dengan tidak menggelar acara buka bersama di Gedung Putih.

Dalam pernyatannya Trump mengatakan; "Atas nama rakyat Amerika, Melania dan saya mengirimkan salam hangat kami kepada umat Islam saat mereka merayakan Idul Fitri. Selama liburan ini, kita diingatkan akan pentingnya belas kasihan, kasih sayang, dan niat baik."

"Dengan umat Islam di seluruh dunia, Amerika Serikat memperbaharui komitmen kami untuk menghormati nilai-nilai ini," ujar Trump, lansir AFP.

Sejak pemerintahan Bill Clinton, Gedung Putih setiap tahunnya menggelar acara untuk menandai Idul Fitri - yang mengakhiri bulan puasa Ramadhan dengan acara buka puasa bersama mengundang banyak tokoh Muslim.

Namun Sekretaris Negara Rex Tillerson dilaporkan menolak permintaan dari kantor departemen agama dan urusan global untuk mengadakan acara tersebut.

Trump sendiri mendapat kecaman karena sejarah retorika anti-Muslimnya selama kampanye, yang mencakup seruan untuk mengawasi masjid-masjid di AS dan larangan terhadap Muslim yang memasuki negara tersebut atas nama keamanan nasional.

Seminggu setelah menjadi presiden, dia mengeluarkan larangan terhadap wisatawan dari beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim, meskipun akhirnya dibatalkan setelah memicu kekacauan dan kemarahan global. Namun saat berkunjung ke Arab Saudi bulan lalu, Trump memperlunak nadanya tentang Islam, menolak gagasan pertarungan antar agama-agama dalam sebuah pidato di depan puluhan pemimpin negara-negara Muslim.[fq]


latestnews

View Full Version