View Full Version
Ahad, 25 Jun 2017

Hormati Idul Fitri Militer Filipina Umumkan Gencatan Senjata Lawan ISIS

ZAMBOANGA, FILIPINA (voa-islam.com) - Militer Filipina Sabtu kemarin (24/6/2017) mengumumkan adanya gencatan senjata singkat dalam melawan kelompok terkait ISIS sebagai bagian untuk memungkinkan umat Islam merayakan Idul Fitri.

Kesepakatan ini terjadi setelah para ulama Muslim Filipina mendesak Presiden Rodrigo Duterte dan pemimpin kelompok Maute untuk mengizinkan penangguhan perang secara singkat demi perayaan yang aman selama Idul Fitri.

Letnan Jenderal Carlito Galvez Jr., kepala Komando Mindanao Barat, mengatakan bahwa pasukan keamanan negara akan mematuhi "jeda kemanusiaan" dari pukul 6 pagi hingga pukul 2 siang, lapor Anadolu Agency.

"Untuk memberi penghormatan kepada perayaan spiritual yang damai, menyenangkan dan meriah, kami mengumumkan penghentian operasi di kota dan itu menjadi isyarat komitmen dan penghormatan kami yang kuat terhadap dunia Muslim," ujar Galvez.

Gencatan senjata selama delapan jam akan segera dicabut jika keamanan tentara terancam, keamanan warga sipil terancam atau musuh mulai menembaki. Pada saat itu individu dapat menggunakan hak mereka untuk membela diri, menurut Galvez.[fq]


latestnews

View Full Version