View Full Version
Rabu, 28 Jun 2017

57 Orang Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi Pimpinan AS di Mayadeen Suriah Timur

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Sedikitnya 57 orang tewas ketika serangan udara koalisi pimpinan AS menyerang sebuah penjara yang dijalankan oleh Islamic State (IS) di Suriah timur, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pada hari Selasa (26/6/2017).

Penjara ini terletak di al-Mayadeen, yang terletak di Lembah Efrat sekitar 45 kilometer tenggara ibu kota provinsi Deir Al-Zor.

"Serangan tersebut menghantam sebuah penjara IS di Mayadeen saat fajar pada hari Senin, menewaskan 42 tahanan dan 15 jihadis," kata kepala observatorium Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Serangan tersebut terjadi hanya sehari setelah setidaknya 12 warga sipil tewas pada hari Senin ketika sebuah serangan udara yang dilakukan Rusia terjadi di kota Qouriya di kota timur Deir az-Zor, Suriah.

Sumber-sumber lokal mengatakan kepada New Arab bahwa sebuah pesawat terbang, yang diyakini milik Rusia, menyerang di rumah-rumah sipil dengan rudal berdaya ledak besar di kota Qouriya, menewaskan 12 warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Awal bulan ini, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara koalisi pimpinan AS di dua provinsi di Suriah telah membunuh 472 warga sipil dalam sebulan terakhir, lebih dari dua kali korban 30 hari sebelumnya.

Rahman mengatakan 260 warga sipil, termasuk 82 anak-anak, terbunuh di provinsi Deir Al-Zor yang sebagian besar dikuasai IS.

Sebanyak 250 warga sipil lainnya, termasuk 53 anak-anak, tewas di provinsi Raqqa, di mana pasukan pendukung AS mencoba untuk menggulingkan IS dari ibukota kekhalifahan mereka.

Rahman mengatakan kepada AFP bahwa kematian baru tersebut membuat keseluruhan korban sipil dari kampanye koalisi menjadi 1.953, termasuk 456 anak dan 333 wanita. (st/TNA)


latestnews

View Full Version