View Full Version
Kamis, 29 Jun 2017

Putera Mahkota UEA Pernah Minta AS untuk Membom Stasiun TV Al Jazeera

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Pangeran mahkota Abu Dhabi meminta AS untuk membom Al Jazeera saat Amerika merencanakan invasi ke Irak, menurut sebuah kabel diplomatik yang merinci pembicaraannya dengan seorang pejabat tingkat atas departemen luar negeri AS.

Menurut kabel itu, Mohammed bin Zayed (MBZ) "tertawa mengenang kepada Richard Hass sebuah percakapan antara ayahnya, Sheikh Zayed, dan emir Qatar, Hamad Al-Thani, di mana Hamad telah mengeluh bahwa MBZ telah meminta AS" Untuk membom Al Jazeera ".

"Menurut MBZ, Zayed [ayahnya] dengan geram menjawab, 'Apakah Anda menyalahkannya?"

Dalam komentarnya, menjelang invasi ke Irak pada tahun 2003, MBZ memperingatkan bahwa opini publik di dunia Arab mengenai invasi itu - yang dia anggap "dapat ditanggung" jika perang itu singkat dan efisien - dapat dirasa sangat membara oleh liputan jaringan TV Qatar tersebut dan menyarankan agar pengaruhnya dikekang.

MBZ mengatakan "itu adalah sebuah misteri baginya mengapa Qatar terus mengobarkan opini publik" melalui Al Jazeera ... "dan menyarankan agar AS menggunakan bobotnya untuk menekan Doha".

Kabel tersebut menambahkan bahwa MBZ telah "menekankan perlunya keterlibatan AS dengan Qatar untuk mengendalikan Al Jazeera".

Pada bulan April 2003, kantor Al-Jazeera di Baghdad dibantam sebuah rudal AS yang menewaskan seorang staf dan melukai yang lain, meskipun seorang juru bicara Komando Pusat AS mengatakan kepada BBC News bahwa stasiun tersebut "bukan dan tidak pernah menjadi sasaran." Pada tahun 2001 kantor Kabul kantor Al Jazeera terhantam dua bom dalam serangan AS lainnya, meski tidak ada korban jiwa.

Pernyataan tersebut tampaknya menunjukkan ketegangan selama beberapa dekade antara Qatar dan UEA mengenai Al Jazeera, yang telah mendidih ke permukaan sekali lagi dengan blokade yang dipimppin Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir terhadap Qatar dan menuntut negera itu untuk menutup jaringan televisi tersebut.

Pekan lalu Riyadh menetapkan daftar 13 tuntutan untuk Qatar, yang juga termasuk untuk mengakhiri dukungan Doha untuk Ikhwanul Muslimin, penurunan hubungan diplomatik dengan Iran dan penutupan sebuah pangkalan militer Turki di luar Doha.

Menurut kabel tersebut, bagaimanapun, MBZ meremehkan ketegangan antara Saudi dan Qatar, mencatat dua populasi negara itu "berbagi akar Wahhabi".

Lebih lanjut, katanya, adalah hubungan UEA-Saudi, yang menurut MBZ digambarkan sebagai "jauh lebih kompleks".

Dia menarik perhatiannya pada perselisihan perbatasan Bilateral dengan Abu Dhabi dengan Riyadh (ladang minyak al-Shayba) ".

"Namun demikian, Emiratis (para warga Uni Emirat-Red) yang selalu pragmatis mengakui kebutuhan untuk berurusan dengan Saudi dan dengan demikian mempertahankan hubungan baik dengan Riyadh." (st/MEE)


latestnews

View Full Version