View Full Version
Ahad, 02 Jul 2017

Al-Qaidah di Mali Rilis Video Bukti 6 Warga Asing yang Mereka Sandera Masih Hidup

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Al-Qaidah cabang Mali telah merilis video bukti tentang enam sandera asing termasuk ahli bedah Australia Arthur Kenneth Elliott dan wanita Prancis Sophie Petronin, kelompok pemantau yang berbasis di AS SITE mengatakan.

Video berdurasi 16 menit, 50 detik, oleh Jamaat Nusrat Islam Wal Muslimeen, yang juga dikenal sebagai Kelompok untuk Mendukung Islam dan Muslim, dirilis di Telegram pada hari Sabtu (1/7/2017), kata SITE.

Empat sandera lainnya yang ditunjukkan adalah Stephen McGown asal Afrika Selatan, orang Rumania Iulian Ghergut, misionaris Swiss Beatrice Stockly dan suster Kolombia Gloria Cecilia Narvaez Argoti.

Tidak ada kelompok yang sebelumnya mengaku bertanggung jawab atas penculikan wanita Prancis Petronin, yang diculik pada akhir 2016 oleh orang-orang bersenjata di kota utara Gao, Mali, tempat dia mengelola sebuah organisasi untuk anak-anak yang kekurangan gizi.

Setelah klip video menunjukkan Petronin, narator tersebut mengatakan bahwa dia berharap presiden Prancis akan membantu mengembalikannya ke keluarganya, menurut SITE.

Video tersebut dirilis tepat sebelum Presiden Emmanuel Macron tiba di Mali pada hari Ahad (2/7/2017) ini untuk mengkonsolidasikan dukungan Barat untuk sebuah kekuatan anti-johadis regional.

Dalam video tersebut, para sandera secara terpisah diperkenalkan oleh narator, yang mengatakan bahwa sejauh ini belum ada negosiasi untuk pembebasan mereka. Yang pertama ditampilkan adalah McGown, yang diculik di Timbuktu, Mali utara, pada November 2011.

"Sudah lama sekali untuk pergi ... Sampai kapan menurutmu ini akan berakhir? Sekarang kita membuat video baru, tapi saya tidak tahu harus berkata apa. Semuanya pernah dikatakan di masa lalu. Semuanya pernah dikatakan di video sebelumnya yang pernah saya buat, "kata McGowan, menurut sebuah transkripsi oleh SITE.

Dia diikuti oleh Elliott yanh merupakan warga Australia, berusia 80-an, yang bersama istrinya, Jocelyn, diculik pada bulan Januari 2015 di Djibo, Burkina Faso, di mana pasangan tersebut telah menjalankan satu-satunya klinik medis sejak 1972. Jocelyn dibebaskan pada Februari 2016.

Berikutnya dalam video tersebut adalah pekerja tambang Romania Ghergut, yang mengatakan bahwa dia ditangkap di Burkina Faso pada tanggal 4 April 2015.

Para wanita, termasuk misionaris Swiss Stockly yang diculik di Mali pada Januari 2016, kemudian diperlihatkan. Biarawati Kolombia Argoti ditangkap oleh orang-orang bersenjata di desa Mali, Karangasso, dekat perbatasan Burkina Faso, pada bulan Februari 2017.

Di akhir video yang tidak bertanggal, sementara tidak menyatakan tuntutan apapun, narator tersebut mengatakan kepada keluarga sandera tersebut "tidak ada negosiasi sungguh-sungguh yang dimulai" untuk pembebasan mereka namun kemudian menambahkan bahwa negosiasi "masih aktif".

Pada tahun 2012, Mali utara jatuh di bawah kendali kelompok yang terkait dengan Al-Qaidah yang mengeksploitasi pemberontakan pemberontak etnis Tuareg, meskipun kemudian kelompok Islamis sebagian besar digulingkan oleh operasi militer pimpinan-Perancis pada Januari 2013.

Sejak saat itu, para jihadis terus melakukan serangan terhadap tentara, serta pasukan Prancis dan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ditempatkan di sana. (st/gn)


latestnews

View Full Version