View Full Version
Selasa, 04 Jul 2017

Abbas Desak Adanya Kesepakatan Damai Bersejarah di Timur Tengah

ADDIS ABABA, ETHIOPIA (voa-islam.com) - Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin kemarin (3/7/2017) menyerukan untuk diadakannya "kesepakatan damai bersejarah" dengan Israel sesuai dengan gagasan solusi dua negara terkait konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Abbas mengeluarkan seruannya itu dalam sebuah pidato yang disampaikannya pada KTT Uni Afrika ke-29 yang saat ini sedang berlangsung di ibukota Ethiopia Addis Ababa, Anadolu Agency melaporkan.

Pemimpin Palestina itu juga mendesak para pemimpin Afrika untuk mengkondisikan hubungan mereka dengan Israel atas komitmen untuk mengakhiri pendudukan 50 tahun atas tanah Palestina.

"Partisipasi Israel dalam konferensi regional Afrika hanya mendorongnya untuk melanjutkan kesombongan dan kebijakan pendudukannya dan terus menyangkal hak-hak rakyat Palestina terhadap kebebasan, kedaulatan dan kemerdekaan," tegas Abbas.

Abbas kemudian menyuarakan harapan kepada negara anggota AU agar membantu mengubah kenyataan pahit yang dialami oleh rakyat Palestina sebagai akibat dari pendudukan Israel selama ini.

"Dukungan Afrika untuk resolusi yang mendukung Palestina di forum internasional akan melindungi solusi dua negara dan berkontribusi pada pelestarian hak-hak orang-orang yang diduduki sampai perdamaian tercapai," pungkas Abbas.[fq]


latestnews

View Full Version