View Full Version
Rabu, 05 Jul 2017

Abu Sayyaf Penggal 2 Pelaut Vietnam yang Telah Mereka Sandera Selama 8 Bulan

FILIPINA SELATAN (voa-islam.com) - Kelompok pejuang di Filipina selatan telah memenggal 2 pelaut Vietnam yang telah mereka sandera selama delapan bulan, militer mengatakan pada hari Rabu (5/7/2017).

Orang-orang tersebut - yang diidentifikasi sebagai Hoang Thong dan Hoang Va Hai, awak kapal kargo MV Royal 16 - ditemukan di desa Tumahubong di pulau Basilan, juru bicara militer Kapten Jo-Ann Petinglay mengatakan.

Mereka termasuk di antara enam awak kapal yang diculik oleh kelompok terkait Islamic State (IS) pada 11 November tahun lalu dari Pulau Sibago di Teluk Moro antara Basilan dan Mindanao, pulau terbesar kedua di kepulauan Filipina.

Tiga awak masih ditahan oleh Abu Sayyaf setelah satu orang dibebaskan oleh pasukan keamanan di Basilan bulan lalu.

Basilan dan pulau-pulau lain yang membentang di antara pulau-pulau utama Filipina dan Kalimantan adalah benteng Abu Sayyaf, dibentuk pada tahun 1991.

Kelompok ini telah melakukan penculikan untuk mendapatkan uang tebusan, yang seringkali menargetkan orang-orang Filipina dan orang asing yang berlayar di laut Sulu dan Celebes dan memancung sandera jika uang tebusan tidak dibayarkan.

Baru-baru ini, Abu Sayyaf terlibat dalam pertempuran di samping kelompok Maute melawan pasukan pemerintah di Kota Marawi di Mindanao. Lebih dari 460 orang tewas dalam pertempuran yang sedang berlangsung sejak dimulai pada 23 Mei.

Kolonel Juvymax Uy, komandan Joint Task Force Basilan, mengatakan bahwa jasad para pelaut itu ditemukan pada pukul 3.00 pagi waktu setempat yang dibuang di jalan tanah dan ditutup dengan daun pisang.

Dia mengatakan bahwa kepala mereka yang terpenggal telah ditempatkan di ketiak kanan masing-masing tubuh. (st/aa)


latestnews

View Full Version