View Full Version
Kamis, 06 Jul 2017

Satu Tentara AS Tewas dalam Serangan Terbaru Terhadap Pasukan Asing di Afghanistan

HELMAND, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang tentara AS telah tewas dan dua lainnya terluka dalam serangan terbaru terhadap pasukan asing di Afghanistan selatan.

Militer AS mengatakan pada hari Rabu (5/7/2017) bahwa Hansen B. Kirkpatrick, seorang tentara angkatan darat, tewas dua hari sebelumnya ketika dia dan tentara lainnya dihujani tembakan tidak langsung di provinsi Helmand.

Dikatakan bahwa tentara tersebut berusia 19 tahun dan dari Wasilla, Alaska. Dia diidentifikasi sebagai anggota Tim Tempur Brigade 1 Divisi Lapis Baja Pertama di Fort Bliss, Texas. Dua tentara lainnya yang terluka dalam serangan tersebut dirawat di sebuah fasilitas medis yang dioperasikan oleh pasukan koalisi di daerah itu karena luka-luka yang menurut pernyataan tersebut tidak mengancam jiwa.

Tidak ada informasi yang mungkin bertanggung jawab atas serangan itu, meskipun serangan semacam itu secara rutin dipersalahkan pada Taliban, kelompok pejuang Afghanistan utama yang menguasai sebagian besar Helmand. Kelompok tersebut, yang menjadi sasaran invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada tahun 2001, telah berhasil mendapatkan lebih banyak pijakan di seluruh negeri selama beberapa tahun terakhir dan diperkirakan menguasai setidaknya 40 persen wilayah.

Amerika Serikat dan pasukan asing lainnya telah menderita korban jiwa yang meningkat dalam serangan oleh Taliban dan lainnya di Afghanistan pada masa lalu. Washington mempertimbangkan untuk mengirim bala bantuan 4.000 tentara ke Afghanistan, satu tahun setelah mereka secara resmi mengakhiri misi tempur 15 tahunnya di negara tersebut. Saat ini ada sekitar 13.000 tentara AS dan sekutu ditempatkan di Afghanistan sementara beberapa ribu tentara Amerika tambahan bekerja di negara tersebut sebagai bagian dari operasi kontra jihadis. (st/ptv)


latestnews

View Full Version