View Full Version
Ahad, 09 Jul 2017

Ribuan Orang Gelar Pawai Damai untuk Hormati Korban Genosida Srebrenica

BELGRADE, SERBIA (voa-islam.com) - Ribuan orang dari seluruh dunia berkumpul pada Sabtu kemarin (8/7/2017) dalam sebuah demonstrasi damai tiga hari di kota Nezuk dekat kota Tuzla Bosnia untuk memperingati peringatan ke-22 tahun genosida Srebrenica.

Lebih dari lima ribu peserta, yang mulai berkumpul di kota tersebut sejak dini hari, akan menempuh jarak total sekitar 100 kilometer (62 mil). Aksi jalan itu diperkirakan akan berakhir di sebuah pemakaman di Potocari, sebuah desa di Bosnia-Herzegovina timur, sebelah barat laut kota Srebrenica, di mana upacara pemakaman kembali diadakan untuk 71 korban genosida.

Peserta akan menempuh perjalanan sekitar 35 km setiap harinya untuk mencapai Potocari dalam kegiatan "Peace March" (pamai perdamaian) yang diselenggarakan untuk ke 13 kalinya. Selama perjalanan panjang itu, para peserta juga akan diberi rincian tentang genosida Srebenica dan menceritakan tentang kenangan akan orang-orang yang selamat dari "Jalan Kematian" tersebut.

Camil Durakovic, ketua panitia penyelenggara, mengatakan bahwa pawai perdamaian telah berubah menjadi aktivitas global, lapor Anadolu Agency.

"Orang-orang dari seluruh dunia berpartisipasi bersama anak-anak dan cucu-cucu mereka yang terbunuh pada tahun 1995. Tujuan dari perjalanan damai ini adalah untuk mengenang serta merasakan setidaknya sedikit dari apa yang dialami korban Srebrenica melalui jalur ini," kata Durakovic.

Munir Habibovic, salah seorang wakil panitia penyelenggara, mengatakan bahwa lima sampai tujuh ribu orang diperkirakan akan hadir pada pawai tahun ini.[fq]


latestnews

View Full Version