View Full Version
Selasa, 11 Jul 2017

Seorang Tentara AS Ditangkap karena Berbaiat dan Memberikan Rahasia Militer ke IS

HAWAII, AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang sersan Angkatan Darat AS di Hawaii telah dituntut ke pengadilan karena menyatakan kesetiaan kepada Islamic State dan memberikan dokumen rahasia militer dan sensitif lainnya kepada IS, laporan-laporan menyebutkan Selasa (11/7/2017).

Sersan Ikaika Erik Kang, yang telah dikerahkan ke Irak dan Afghanistan, ditangkap di Honolulu, Hawaii, oleh FBI pada Sabtu malam setelah penyelidikan ketat selama satu tahun, pihak berwenang Amerika mengatakan Senin. Dia berusaha memberikan dukungan material kepada IS, termasuk pesawat tak berawak dan instruksi pelatihan tempur. Dia juga diduga mengeluarkan sekitar $ 1.100 yang dia harapkan akan berakhir di tangan kelompok tersebut.

Beberapa agen yang menyamar dan "sumber daya rahasia" lainnya yang berlagak sebagai operator dan simpatisan Islamic State yang dipekerjakan oleh FBI dalam sebuah operasi yang panjang, menurut dokumen yang diajukan di pengadilan.

Pria berusia 34 tahun itu adalah seorang tentara tugas aktif yang ditugaskan ke Brigade Penerbang Tempur 25, dan ditempatkan di Wheeler Army Airfield di Honolulu.

Dia menjalani pelatihan militer yang ekstensif dalam pertempuran langsung. Kang ditugaskan ke Barak Schofield Angkatan Darat, sebuah garnisun besar di pulau Oahu.

FBI mengatakan bahwa mereka percaya Kang adalah "aktor tunggal" tanpa ikatan dengan siapa pun yang mungkin akan menjadi ancaman bagi Hawaii. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version