View Full Version
Rabu, 12 Jul 2017

Faksi Tentara Pembebasan Suriah (FSA) Tembak Jatuh Pesawat Tempur Rezim Assad di Sweida

SWEIDA, SURIAH (voa-islam.com) - Faksi Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Turki mengumumkan hari Selasa bahwa mereka menembak jatuh sebuah pesawat tempur yang merupakan milik tentara Suriah di provinsi Sweida, Suriah selatan, kantor berita Middle East Monitor melaporkan hari Rabu (12/7/2017).

"Kelompok pejuang oposisi pada hari Selasa menembak jatuh sebuah pesawat tempur rezim Suriah di desa gurun Umeara, sebelah timur laut Sweida," sumber media mengutip faksi FSA Jaisy Osuod Al-Sharqiyah.

"Kami tidak memiliki informasi mengenai (nasib) pilot tersebut," tambah sumber itu, mencatat bahwa faksi FSA saat ini sedang mencari sang pilot pesawat terbang.

Sementara itu, kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) telah mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut dijatuhkan di dekat sebuah desa di perbatasan administratif antara provinsi Damsyik Damaskus dan Sweida.

Sejak Senin lalu, Sweida telah mengalami pertempuran sengit antara faksi FSA Jaisy As-Syuhada Ahmed Al-Abdo dan Jaisy Osoud Al-Sharqiyah di satu sisi, dan tentara rezim Suriah.

Dengan dukungan pasukan Syi'ah Iran dan Syi'ah Hizbullata, pasukan teroris Assad berhasil mengendalikan sejumlah desa di gurun Suriah selama pertempuran, namun kelompok pejuang oposisi berhasil merebut kembali dari mereka. Pertarungan berlanjut ke hari Selasa di atas serangkaian puncak bukit dan desa di provinsi ini.

Sweida adalah bagian dari kesepakatan gencatan senjata baru yang dinegosiasikan oleh Amerika Serikat, Rusia, dan Yordania yang mulai berlaku hari Ahad lalu.

Kesepakatan tersebut telah membawa relatif tenang ke sebagian besar provinsi yang tercakup --Daraa, Quneitra dan Sweida - meskipun wabah kekerasan telah dilaporkan. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version