View Full Version
Ahad, 30 Jul 2017

Jet Tempur Pasukan Haftar Ditembak Jatuh di Saat Bombardir Mujahidin di Derna Libya

DERNA, LIBYA (voa-islam.com) - Sebuah jet tempur dari milisi timur Libia pimpinan Khalifa Haftar telah ditembak jatuh saat melakukan misi serangan pemboman di Derna.

Seperti dilaporkan The New Arab hari Sabtu (29/7/2017) MiG-21 ditumbangkan oleh sebuah rudal saat serangan udara di kota Libya timur, yang dikuasai oleh koalisi mujahidin yang dikenal sebagai Majlis Shura Mujahidin Derna.

Pasukan liar Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Haftar yang telah melakukan sebuah kampanye perang panjang dan brutal terhadap mujahidin di Libya timur, juga melawan pemerintah yang diakui PBB di Tripoli.

"Sebuah pesawat tempur MiG-21 ditembak jatuh oleh sebuah rudal setelah pesawat tersebut melakukan serangan udara yang menargetkan gerilyawan," kata juru bicara LNA, Naser Hassi kepada kantor berita Reuters.

Kota terkepung Derna telah menjadi target serangan Haftar, bersamaan dengan serangan pengeboman lainnya yang dilakikan oleh angkatan bersenjata Mesir yang mendukung mantan loyalis Muammar Khadafi itu dalam memerangi mujahidin.

Para Jihadis dan kelompok pejuang anti-Khadafi membentuk milisi yang dikenal sebagai Majlis Shura Mujahidin dan menempati Derna yang terletak sekitar 200 mil sebelah timur Benghazi.

Pesawat tempur Mesir melancarkan serangan udara di Derna pada bulan Mei menyusul serangan terhadap peziarah Kristen di Mesir, menuduh bahwa militan yang melakukan pembantaian tersebut adalah orang Libya.

Selain dukungan militer dari Uni Emirat Arab dan Mesir,Khalifa Haftar dalam memerangi jihados juga menerima bantuan militer dari Zionis Israel. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version