View Full Version
Selasa, 01 Aug 2017

Keluarga Kerajaan Saudi Kecam Diplomat UEA Karena Promosikan Sekulerisme

RIYAD, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Anggota keluarga kerajaan Arab Saudi telah bereaksi dengan kemarahan setelah duta besar Uni Emirat Arab (UEA) di Washington mengatakan bahwa kedua negara sama-sama ingin melihat pemerintahan sekuler di Timur Tengah, Middle East Eye melaporkan ari Senin (31/7/2017).

Dalam wawancara dengan jaringan TV Amerika PBS pada hari Sabtu Yousef al-Otaiba menyerang Qatar dan menuduhnya mendukung terorisme dan "menolak pemerintah sekuler di wilayah ini", surat kabar al-Quds al-Arabi yang berbasis di London melaporkan.

Intervensi oleh diplomat UEA tersebut mendorong banyak pengguna media sosial Saudi dan anggota keluarga kerajaan untuk menyerang al-Otaiba karena telah membuat "seruan untuk mengubah sistem di Kerajaan".

Aktivis Saudi juga menyerang al-Otaiba secara online atas apa yang mereka anggap sebagai komentar ofensif terhadap Arab Saudi, yang menerapkan hukum Syariah dan menentang pemisahan agama dan negara.

Fahda binti Saud bin Abdulaziz, putri Saudi dan putri almarhum Raja Saudi Fahd bin Abdul Aziz, mengatakan bahwa komentar al-Otaiba kepada PBS adalah sebuah persekongkolan melawan Arab Saudi dan Islam. "Ada persekongkolan melawan Arab Saudi dan Islam dan ini menjadi jelas di dunia," dia memposting di media sosial.

Dalam serangkaian Tweet pada hari Ahad, dia mengatakan bahwa para pemimpin kerajaan "siap menghadapi plot ini".

"Ada orang-orang yang menyerukan sekularisasi negara dari kedua masjid suci dan mereka yang menyerukan untuk melakukan internasionalisasi negara dengan dua masjid suci, namun kami orang-orang Arab Saudi dan kepengurusannya akan melindungi dua masjid suci tersebut."

Kerajaan Saudi menambahkan: "Arab Saudi adalah negara yang diperintah melalui Syariah. Kami memiliki hak untuk mempertanyakan kebisuan Kementerian Informasi (Saudi) tentang pernyataan duta besar UEA, yang mempengaruhi kedaulatan negara dan agama kita. "

Intervensi kerajaan terjadi setelah al-Otaiba menggunakan wawancaranya dengan PBS untuk meminta lebih banyak pemerintahan sekuler di Timur Tengah.

"Apa yang ingin kita lihat lebih sekuler, stabil, makmur, diberdayakan, pemerintahan yang kuat," kata al-Otaiba.

"Dalam sepuluh sampai 15 tahun terakhir, kami melihat kelompok pendukung Qatar seperti Ikhwanul Muslimin, Hamas, Taliban dan milisi Islam di Suriah dan Turki. Ini adalah arah yang berlawanan yang ingin wilayah kita tuju, "katanya.

Setelah wawancara, Pangeran Abdul Aziz bin Fahd, putra Raja Fahd bin Abdul Aziz, juga mengkritik sang duta besar dan menerbitkan klip audio anggota Dewan Ulama Senior, sebuah institusi keagamaan penting di Arab Saudi, yang memperingatkan akan bahaya sekularisme dan menggambarkannya sebagai penodaan agama.

"Setiap Muslim yang percaya kepada Allah, agamanya dan Muhammad harus melawan sekularisme dan liberalisme dengan nasehat, lalu dengan pernyataan dan kemudian dengan pisau di bawah bendera Penjaga Dua Masjid Suci," tulisnya di Twitter.

Aktivis Saudi Abdul Aziz Al-Harbi menulis bahwa "orang yang berencana untuk mensekulerisasi Arab Saudi sebenarnya bertujuan untuk meruntuhkan negara Saudi dan membagi wilayahnya. Hati-hati teradap saudara penggigit ... waspadalah terhadap anak-anak Zayed (Al-Nahyan)."  (st/MEE)


latestnews

View Full Version