View Full Version
Senin, 07 Aug 2017

Hekmatyar Desak AS dan NATO Bantu Kurangi Campur Tangan Asing di Afghanistan

KABUL, AFGHANSTAN (voa-islam.com) - Pemimpin partai sayap kanan Hizbul Islami, Gulbuddin Hekmatyar, mendesak negara-negara anggota AS dan NATO membantu mengakhiri campur tangan asing di Afghanistan yang dia klaim bertanggung jawab untuk panjangnya konflik mematikan di negara tersebut.

Berbicara kepada sekelompok wartawan asing di kantornya di Kabul barat pada hari Sabtu lalu, Hekmatyar membandingkan jalan buntu saat ini di medan perang di Afghanistan dengan hari-hari terakhir rezim pendukung Soviet di negara tersebut pada akhir 1980an, dan dia mendesak pemerintah sekutu asing Afghanistan untuk tidak mempercayai elemen pro-Teheran dan pro-Moskow di negara ini.

"Faktanya adalah bahwa perang Afghanistan tidak dapat dimenangkan dengan penempatan pasukan asing tambahan atau dengan strategi perang saat ini," katanya, sembari menambahkan bahwa kemenangan akan memerlukan perubahan dalam strategi perang dan struktur pasukan bersenjata.

Dia menyerukan de-politisasi angkatan bersenjata Afghanistan dan dibentuknya pemerintah pusat yang lebih kuat, lapor Anadolu Agency.

Dia juga mengkritik pemerintah Afghanistan saat ini karena dianggapnya terlalu lemah.[fq]


latestnews

View Full Version