View Full Version
Senin, 14 Aug 2017

Mantan Wakil Pemimpin Al-Shabaab Menyerahkan Diri Kepada Pemerintah Somalia

HUDUR, SOMALIA (voa-islam.com) - Mantan wakil pemimpin dan juru bicara Al-Shabaab Sheikh Mukhtar Robow, yang dikenal sebagai Abu Mansoor, telah menyerahkan dirinya ke pemerintah Somalia pada hari (13/8/2017), pihak berwenang mengkonfirmasi.

Mohamed Abdi, gubernur wilayah Bakol, mengatakan kepada Anadolu Agency melalui telepon bahwa bekas pemimpin Al-Shabaab itu bersama dengan pejuangnya datang ke kota Hudur yang dikuasai pemerintah.

Mansoor diambil dari wilayah barat daya Bakol oleh Menteri Pertahanan Somalia Abdirashid Abdullahi, dan wakil komandan Badan Intelijen Nasional (NISA) dan tiba di ibukota Mogadishu pada hari Ahad siang, menurut pihak berwenang.

Media lokal melaporkan bahwa Abu Mansoor berada di istana negara Somalia di Mogadishu untuk bertemu dengan Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed dan perdana menteri.

Sedikitnya 19 orang termasuk 13 pejuang Al-Shabaab tewas setelah kelompok pejuang Somalia tersebut menyerbu desa Abal pekan lalu.

Abal adalah benteng Abu Mansoor yang terletak 390 kilometer barat daya ibukota Mogadishu.

Abu Mansoor meninggalkan Al-Shabaab pada tahun 2013.

Setelah pengumuman resmi, AS menghapus namanya dari daftar teroris yang dicari, sebuah langkah yang disambut baik oleh Pemerintah Negara Bagian Barat Laut Somalia. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version