View Full Version
Senin, 21 Aug 2017

3 Tentara Libanon Tewas 1 Kritis Akibat Ledakan Ranjau Darat di Perbatasan Suriah

TRIPOLI, LIBANON (voa-islam.com) - Tiga tentara Libanon tewas dan satu lainnya terluka parah pada hari Ahad (20/82017) saat kendaraan lapis baja mereka menghantam ranjau darat di perbatasan Libanon-Suriah, kata sumber keamanan.

Daerah di mana tentara tersebut tewas berada di dekat sebuah kubu perbatasan yang dekat dengan pegunungan Arsal, di mana milisi Syi'ah Hizbullata baru-baru ini melaksanakan operasi lintas perbatasan terhadap pejuang oposiai bersama tentara Suriah sumber tersebut menambahkan.

Tentara Libanon telah melancarkan serangan pada Sabtu terhadap daerah kantong-kantong Islamic State (IS) di perbatasan timur laut dengan Suriah.

Kelompok Syi'ah Hizbullata Libanon juga mengumumkan sebuah serangan terhadap IS dari sisi perbatasan Suriah.

Seorang juru bicara militer mengklaim pada hari Sabtu bahwa sepertiga wilayah yang berada di tangan IS telah ditangkap kembali sejak serangan tersebut dimulai, dengan 20 pejuang gugur dalam pertempuran langsung, penembakan atau serangan udara, sementara mengaku hanya 10 tentara Libanon yang terluka.

Banyak pejuang oposisi, bersama ribuan pengungsi Sunni yang melarikan diri setelah tentara Suriah dan Syi'ah Hizbullata menguasai kota-kota dan desa-desa yang sebelumnya pernah mereka kontrol di tahun-tahun awal konflik, berlindung di sisi Lebanon dari jalur perbatasan.

Libanon bagian timur laut adalah lokasi salah satu tumpahan terburuk perang Suriah ke Libanon pada tahun 2014, ketika pejuang IS dan bekas afiliasi Al-Qaidah, Jabhat Al-Nusrah menyerang kota Arsal.

Mereka terlibat kemudian bentrok dengan militer Libanon yang menyebabkan puluhan tewas dari tentara Libanon dan belasan lainnya ditangkap dan hingga kini beberapa dari mereka masih tetap dalam penahanan Islamic State. (st/Orient) 


latestnews

View Full Version