View Full Version
Kamis, 24 Aug 2017

Menhan Qatar: Negara Pengepung Harus Meminta Maaf ke Qatar Sebelum Melakukan Dialog

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Resolusi krisis Teluk hanya akan dimulai dengan sebuah permintaan maaf dari blok Arab yang dipimpin Arab Saudi, kata menteri pertahanan Qatar pada hari Rabu (23/8/2017).

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir harus mulai meminta maaf atas peretasan kantor berita Qatar dan pemimpin negara Teluk Sheikh Tamim bin al-Hamad sebelum melakukan dialog di Kuwait, Khalid bin Mohammed al-Attiyah mengatakan dalam sebuah pertemuan dengan mitranya dari Rusia di Moskow.

"Solusi untuk krisis Teluk sudah jelas," kata al-Attiyah. "Negara-negara pengepung harus meminta maaf karena telah melakukan hacking terhadap situs QNA dan pernyataan fabrikasi yang dikaitkan dengan Emir HH Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, yang mengangkat pengepungan tersebut, dan kemudian pergi ke Kuwait untuk berdialog," kata al-Attiyah.

Qatar mempertahankan posisinya pada kesediaan negara itu untuk melakukan dialog dengan negara-negara tetangga, al-Attiyah mengkonfirmasi.

Komentar tersebut dibuat saat pertemuan antara al-Attiyah dan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu di Moskow, di mana kedua pejabat senior tersebut membahas kesepakatan persenjataan militer potensial, serta mengembangkan hubungan bilateral.

"Sejauh menyangkut kerja sama kita, ini bukan hanya pembelian sistem pertahanan udara tapi juga teknologi.

Kami ingin mengembangkan industri ini dan membawa teknologi ini ke Qatar, "kata al-Attiyah kepada Shoigu.

Sejak 5 Juni, Arab Saudi dan sekutunya Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab menutup hubungan udara, maritim dan darat dengan Qatar, dan menjatuhkan sanksi ekonomi, menuduh Doha mendukung "teroris" dan terlalu dekat dengan Iran.

Qatar, yang secara kategoris menolak tuduhan tersebut, menuduh tetangga Teluk berusaha mencekik ekonominya.

Emirat kecil itu, yang menampung populasi 2,6 juta, 80 persen di antaranya orang asing, menempati urutan teratas sebagai orang terkaya di dunia per kapita, menurut Dana Moneter Internasional.

Negara ini memegang $ 330 miliar dana cadangan, dengan aset yang banyak diinvestasikan ke luar negeri, dan telah menghabiskan miliaran untuk mengembangkan kemampuan militernya dalam beberapa tahun terakhir. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version