View Full Version
Selasa, 29 Aug 2017

Pasukan Syi'ah Irak Hadapi Perlawanan Keras Pejuang Islamic State di Kota Al-'Adiya

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Pasukan Syi'ah Irak mengatakan mereka menghadapi perlawanan keras pada hari Senin (28/8/2017) dari pejuang Islamic State (IS) yang diusir dari kota Tal Afar ke sebuah kota kecil Al-'Adiya.

Gerak maju kelompok paramiliter Syi'ah Hashd Sha'abi dan tentara Syi'ah Irak ke Al-'Ayadiya diperlambat oleh penembak jitu, jebakan ranjau dan bom pinggir jalan, kata beberapa pejabat militer.

"Serangan dimulai dari dua front dalam upaya untuk mengalihkan perhatian pejuang IS," kata Letnan Kolonel Salah Kareem.

"Sebanyak empat pembom jibaku yang mengendarai kendaraan yang diliputi bahan peledak menyerang pasukan kami di bawah penembak jitu. Kami harus melambat untuk menghindari tingkat korban yang tinggi di antara tentara kita. "

Pasukan Irak dalam beberapa hari terakhir merebut kembali hampir semua kota Tal Afar di barat laut, yang merupakan benteng Islamic State.

Mereka telah menunggu untuk mengambil alih Al-'Ayadiya, 11 km barat laut kota, sebelum mengklaim kemenangan penuh. "Intelijen kami menunjukkan bahwa pars pejuang tangguh Daesh meninggalkan Tal Afar ke Al-'Ayadiya," kata Kareem.

Dia mengatakan serangan udara terus menerus dan pengintaian drone sepanjang waktu telah mencegah mereka meloloskan diri ke negara tetangga Suriah.

"Mereka tidak akan rugi ... mereka akan berjuang sampai nafas terakhir," kata Kareem. Tembakan mortir dan penembak jitu IS menghantam dekat dengan gerak maju pasukan.

Tentara membalas dengan tank, senapan mesin berat dan mortir. Hingga 2.000 pejuang tangguh IS yang diyakini mempertahankan Tal Afar melawan sekitar 50.000 tentara pemerintah pekan lalu.

Tidak jelas berapa banyak yang tersisa di Al-'Ayadiya. Banyak sepeda motor yang membawa lambang Negara Islam telah ditinggalkan di pinggir jalan di luar Al-'Ayadiya.

Jika pertarungan untuk kota ini terbukti sangat sulit, pertempuran besar bagi Tal Afar lebih mudah dari yang diperkirakan pasukan Syi'ah Irak dimana mereka hanya butuh 8 hari untuk merebut kota itu.

Tal Afar menjadi sasaran berikutnya dari perang yang didukung AS terhadap IS setelah pada bulan Juli menangkap kembali Mosul, kota di mana mereka telah mengumumkan "kekhalifahan" -nya atas bagian-bagian Irak dan Suriah pada tahun 2014.

Meski Mosul, yang merupakan bekas benteng terbesar IS di Irak, telah dikuasai kembali oleh pasukan Syi'ah Irak, namun Islamic State tetap menguasai wilayah di kedua sisi perbatasan Suriah-Irak. (st/AN) 


latestnews

View Full Version