View Full Version
Selasa, 12 Sep 2017

Irak Hukum Mati Seorang Pejuang Islamic State (IS) Asal Rusia

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Seorang pejuang Islamic State (IS) asal Rusia dijatuhi hukuman mati dengan digantung di Irak pada hari Selasa (12/92017), pihak berwenang mengatakan.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu ditangkap setelah kehabisan amunisi di Mosul barat, seorang juru bicara Dewan Yudisial Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Orang Rusia tersebut adalah anggota Daesh yang beroperasi di Mosul sejak 2015," tambahnya, menggunakan akronim bahasa Arab untuk Islamic State.

Ribuan orang asing telah berjuang bersama IS di Irak dan Suriah.

Pejabat keamanan dan bantuan mengatakan kepada Reuters akhir pekan lalu bahwa pihak berwenang Irak menahan 1.400 orang asing istri dan anak-anak para berjuang Islamic State - kebanyakan berasal dari Turki, yang lainnya dari negara-negara bekas Soviet termasuk Tajikistan, Azerbaijan dan Rusia.

Pasukan Syiah Irak, yang didukung oleh sekutu koalisi pimpinan AS dan Kurdi, merebut kembali Mosul pada bulan Juli setelah pendudukan IS terhadap kota terbesar kedua di negara itu pada tahun 2014.

Islamic State masih menguasai wilayah di Irak dan diperkirakan akan kembali ke taktik gerilya yang lebih konvensional seperti pemboman ketika kekhilafan yang mereka proklamirkan berantakan. (st/AN)

Share this post..

latestnews

View Full Version