View Full Version
Selasa, 19 Sep 2017

Kelompok Kemanusiaan: Muslim Rohingya Dihapus dari Peta Myanmar

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Sebuah kelompok kemanusiaan pada hari Senin (18/9/2017) melaporkan bahwa komunitas Muslim Rohingya di Myanmar secara harfiah "dihapus dari peta" di tengah tindakan keras yang sedang berlangsung.

"Selama beberapa generasi, Muslim Rohingya telah menyebut Myanmar sebagai rumah. Sekarang, dalam apa yang tampaknya merupakan pembersihan sistematik, mereka benar-benar terhapus dari peta, "kata Chris Lewa, direktur Proyek Arakan, AP melaporkan.  

Di Bangladesh, di mana pejabat mengatakan ukuran dan kecepatan eksodus sangat banyak, pengungsi baru tersebut bergabung dengan puluhan ribu pengungsi sebelumnya, menimbun ke kamp-kamp pengungsi yang luas, di mana ada kekurangan dari segala jenis.

"Ini adalah krisis terburuk dalam sejarah Rohingya," kata Lewa. "Pasukan keamanan membakar desa satu demi satu, dengan cara yang sangat sistematis," katanya, menambahkan, "Dan ini masih terus berlanjut."

Lebih dari 500.000 orang - kira-kira setengah dari populasi Rohingya - melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dalam satu tahun terakhir, paling banyak dalam tiga minggu terakhir dan ini belum tampak tanda-tanda akan berakhir.

Sementara itu, opini internasional telah mengeras melawan Myanmar ketika AS, Inggris, Australia dan Prancis memperbarui seruan agar Suu Kyi mendorong untuk mengakhiri kekerasan terhadap Muslim Rohingya.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, dalam sebuah perkembangan terkait, mengatakan bahwa dia berbicara dengan Presiden AS Donald Trump pada hari Senin tentang pengungsi Rohingya yang membanjiri negaranya.

Namun, dia mengatakan tidak mengharapkan bantuan dari presiden AS tersebut. (st/AP)


latestnews

View Full Version