View Full Version
Jum'at, 22 Sep 2017

UEA: Pemberontak Syi'ah Houtsi Penghalang Bagi Kesepakatan Damai di Yaman

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Pemberontak Syi'ah Houtsi merupakan penghalang bagi solusi politik di Yaman, Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Sky News Arabia.

Gargash mengatakan kepada situs berita tersebut: "Aliansi Arab bukanlah halangan bagi solusi politik di Yaman," menekankan bahwa "Houtsi adalah hambatan bagi solusi politik".

Aliansi Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi, melakukan intervensi di Yaman untuk mengembalikan Presiden Abdu Rabbu Mansur Hadi yang telah dipaksa keluar dari ibukota negara tersebut, Sana'a, oleh kaum pemberontak Syi'ah Houtsi.

Sejak terbentuknya aliansi tersebut, UEA telah mulai mendukung Dewan Transisi Selatan dalam upaya agar Yaman terbagi menjadi dua negara bagian.

Arab Saudi dan Hadi tidak mendukung solusi ini.

Pekan ini, Kuwait dalam sebuah pidato di hadapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah sebuah perundingan damai politik untuk para pihak dalam konflik tersebut.

Konflik di Yaman telah mencapai jalan buntu selama dua tahun terakhir, dengan sedikit atau tidak ada perubahan dalam kontrol teritorial di antara pihak-pihak yang bertikai. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version