View Full Version
Rabu, 27 Sep 2017

Saudi Bolehkan Wanita Mengemudi Kendaraan Sendiri, Tapi..Tetap Harus Dapat Izin dari Wali

RIYADH, ARAB SAUDI (vow-islam.com) - Wanita Saudi harus mendapatkan izin dari wali laki-laki untuk mendapatkan surat izin mengemudi, kata duta besar Saudi untuk Washington.

Khalid bin Salman mengatakan kepada surat kabar online Saudi Okaz pada hari Selasa (26/92017) bahwa wanita di kerajaan itu hanya akan diizinkan di belakang kemudi setelah mendapat izin dari seorang wali.

Arab Saudi mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka mengizinkan perempuan mengemudi, negara terakhir di dunia melakukannya, memicu euforia dan ketidakpercayaan di kalangan aktivis.

Tidak jelas apakah akan ada pembatasan usia pada wanita yang mengendarai mobil dengan beberapa aktivis online yang mengatakan bahwa hanya wanita berusia di atas 30 tahun yang diberi lisensi, meskipun hal ini belum dikonfirmasi.

Meskipun terbuka, wanita Saudi tetap tunduk pada keinginan laki-laki karena undang-undang perwalian, yang menghalangi mereka untuk mendapatkan paspor, bepergian ke luar negeri atau menikahi tanpa persetujuan dari saudara laki-laki.

Wanita yang mencoba melarikan diri dari keluarga juga menghadapi hukuman penjara atau dipaksa masuk ke tempat penampungan.

Khalid bin Salman mengatakan bahwa wanita yang memiliki SIM dari enam negara Gulf Cooperation Council (GCC) berhak mengemudi di negara ini.

Kelompok hak asasi manusia Human Rights Watch memuji langkah tersebut untuk mengizinkan perempuan mengemudi namun meminta pihak berwenang untuk mencabut undang-undang perwalian laki-laki. "Arab Saudi akhirnya membiarkan wanita mengemudi.

Sekarang cabut undang-undang perwalian dan berhenti memperlakukan wanita seperti anak-anak," Direktur Eksekutif HRW Kenneth Roth mengatakan di Twitter.

Meskipun Riyadh mencabut larangan kontroversialnya - sebuah langkah yang akan mulai berlaku mulai Juni 2018 - kerajaan tersebut masih memiliki beberapa pembatasan paling ketat di dunia terhadap perempuan. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version