View Full Version
Ahad, 01 Oct 2017

Erdogan Sebut Badan Mata-mata Israel Mossad Berperan dalam Referendum Kurdistan Irak

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan badan mata-mata Zionis Israel Mossad telah memainkan peran dalam referendum kemerdekaan Kurdi baru-baru ini di Irak utara.

Dalam sebuah pidato di televisi di kota Erzurum, Turki timur, pada hari Sabtu (30/9/2017), Erdogan mengungkapkan kesedihan bahwa warga Kurdi Irak telah merayakan referendum kemerdekaan baru-baru ini dengan bendera Israel.

"Ini menunjukkan satu hal, bahwa pemerintahan ini (di Irak utara) memiliki sejarah dengan Mossad, mereka saling bahu-membahu," kata Erdogan. "Apakah Anda tahu apa yang Anda lakukan? Hanya Israel yang mendukung Anda," tambahnya.

Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) pada 25 September mengadakan referendum yang tidak mengikat mengenai pemisahan diri dari Irak meski penentangan keras Baghdad.

Pejabat Kurdi mengatakan bahwa 90 persen pemilih mengatakan 'Ya' untuk memisahkan diri dari Irak.

Sementara sebagian besar masyarakat internasional, termasuk PBB, Uni Eropa dan negara-negara tetangga Irak, telah menentang referendum tersebut, Israel telah menjadi satu-satunya entitas yang secara terbuka mendukung negara Kurdi yang independen, dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mendukung "upaya sah orang Kurdi orang untuk mencapai sebuah negara "milik mereka sendiri.

Erdogan bersumpah bahwa Kurdistan Irak "akan membayar mahal" untuk referendum kemerdekaan yang "tidak dapat diterima" tetsebut. "Sebuah negara merdeka tidak didirikan di Irak utara, namun sebaliknya luka yang terus-menerus berdarah dibuka," katanya.

"Mengabaikan kenyataan ini tidak menguntungkan kita maupun saudara Kurdi kita di Irak," kata Erdogan, mendesak warga Kurdi Irak untuk "bangkit dari mimpi" kemerdekaan ini.

Ankara telah mengancam serangkaian tindakan hukuman terhadap orang Kurdi Irak, termasuk menutup perbatasan darat antara Turki dan wilayah tersebut dan menghentikan transit minyak dari Kurdistan Irak ke pelabuhan Ceyhan, Turki selatan.

Maskapai Turki Turkish Airlines, Atlas dan Pegasus menangguhkan penerbangan mereka ke Kurdistan Irak untuk jangka waktu yang tidak ditentukan pada hari Jum'at.

Sebelum referendum Kurdi, Ankara meningkatkan hubungan dagangnya dengan wilayah Kurdistan Irak, dengan pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani sering berkunjung ke Turki.

Pada 2016, booming bisnis dengan Kurdi Irak membuat Irak, termasuk wilayah Kurdi, pasar terbesar kedua untuk ekspor Turki setelah Jerman.

Namun, para ekonom telah memperingatkan bahwa penutupan gerbang perbatasan Habur antara Turki dan Kurdistan Irak dapat merusak perdagangan senilai $ 7 miliar antara Ankara dan Irbil, ibu kota wilayah Kurdistan.

Setelah referendum Senin, pemerintah Syi'ah Irak di Baghdad memerintahkan KRG untuk menyerahkan bandara internasionalnya di Irbil, dan kota Sulaymaniyah, serta persimpangan perbatasannya.

Irak juga meminta KRG untuk membatalkan hasil plebisit atau menghadapi sanksi potensial, isolasi internasional, dan intervensi militer.

Larangan penerbangan internasional masuk dan keluar dari wilayah Kurdi Irak juga mulai berlaku pada hari Jum'at.

KRG telah menolak untuk menyerahkan terminal bandara dan darat atau membatalkan hasil pemungutan suara. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version