View Full Version
Ahad, 22 Oct 2017

Pejabat Israel Benarkan Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Kunjungi Israel

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Seorang pejabat Israel dilaporkan telah mengkonfirmasi bahwa seorang pangeran Saudi yang diberitakan secara luas telah mengunjungi Israel pada bulan September adalah Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Pada bulan September, media Israel dan Arab melaporkan bahwa seorang pangeran Saudi telah melakukan perjalanan ke Israel dan mengadakan konsultasi dengan pejabat senior Israel mengenai "perdamaian regional".

Beberapa outlet berita mengidentifikasikan pangeran Saudi tersebut adalah Mohamed bin Salman, yang ditunjuk sebagai yang Putra Mahkota Saudi oleh ayahnya, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, pada bulan Juni.

Namun, belum ada konfirmasi resmi berita saat itu. Namun pada hari Jum'at (20/10/2017), seorang pejabat Israel, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada AFP bahwa Mohammed bin Salman sebenarnya adalah pangeran yang mengunjungi Israel pada bulan September.

Ini terjadi sementara Arab Saudi dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik formal.

Dan sementara ada laporan bahwa rezim Israel dan Saudi telah saling berhubungan satu sama lain dalam beberapa tahun terakhir, sebuah kunjungan yang dikonfirmasi oleh seorang pejabat tingginya sebagai bin Salman membawa masalah ini ke tingkat yang sama sekali baru dan berpotensi meledak karena anti- Sentimen Israel terus tinggi di jalanan Arab.

Sementara Tel Aviv dan Riyadh mungkin baik-baik saja, banyak orang Arab biasa, di Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya, sangat menentang pendirian hubungan dengan rezim Zionis Israel karena pendudukan atas tanah Palestina dan kekejaman mereka terhadap penduduk Palestina.

Menteri Transportasi dan Intelijen Israel Yisrael Katz telah mendesak raja Saudi untuk mengundang Perdana Menteri Israel Netanyahu ke Riyadh untuk membangun hubungan diplomatik penuh.

Pada bulan Juni, Avigdor Lieberman, menteri urusan militer Israel, meminta kesepakatan dengan negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi, sebagai prasyarat untuk kesepakatan untuk menyelesaikan konflik yang telah berlangsung puluhan tahun dengan orang-orang Palestina.

Pada hari Kamis, Lieberman menggarisbawahi perlunya "kesepakatan regional penuh" dengan apa yang dia sebut "semua negara Sunni moderat, termasuk Kuwait dan Arab Saudi."

Namun pejabat Israel mungkin juga salah memperhitungkan kemauan pemerintah Arab lainnya untuk menjalin hubungan dengan Tel Aviv.

Pada hari Rabu, Pembicara Majelis Nasional Kuwait Marzouq al-Ghanim dengan marah mengatakan kepada sebuah delegasi Israel Selama sebuah konferensi antar parlemen parlemen (IPU) di Rusia untuk meninggalkan aula, menyebut para pejabat Israel tersebut "penjajah" dan "pembunuh anak".

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bersukacita atas gagasan untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Arab, terutama karena Iran membuat kesepakatan dengan enam negara lainnya mengenai program nuklirnya.

Beberapa pengamat berpendapat bahwa kegiatan Israel yang ditingkatkan dan beberapa negara Arab untuk menjalin hubungan mungkin merupakan upaya untuk mengkompensasi apa yang mereka yakini sebagai perubahan dalam keseimbangan strategis di wilayah ini. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version