View Full Version
Jum'at, 03 Nov 2017

CIA Rilis Ribuan Berkas Milik Usamah bin Ladin

WASHINGTON, AS (voa-isam.com) - Lembaga intelijen Amerika Serikat atau CIA pada Rabu lalu merilis hampir 470.000 berkas-berkas baru yang disita saat menyerang tempat persembunyian Usamah bin Ladin di Abbottabad, Pakistan pada 2011 silam.

"Direktur CIA Mike Pompeo menyetujui rilis ini untuk mendukung transparansi serta pemahaman publik mengenai al-Qaidah dan mantan pemimpinnya itu," tulis CIA di situs mereka.

"Rilis hari ini termasuk surat-surat al-Qaidah, video, rekaman suara dan material-material lain yang bisa memberikan warga Amerika gambaran yang lebih jelas mengenai organisasi teroris ini," kata Pompeo. "CIA akan terus mencari cara untuk berbagi informasi dengan warga Amerika sesuai dengan janji kita melindungi keamanan nasional.

Material yang dirilis juga termasuk foto-foto probadi keluarga bin Laden, pornografi dan film-film Hollywood seperti Batman: Gotham Knight, Cars, Antz dan Resident Evil. Selain itu juga ditemukan rekaman video dari pernikahan Hamza bin Laden, putra tertua Osama, yang diklasifikasi sebagai teroris global oleh Kementerian Luar Negeri AS Januari lalu.

Usamah bin Ladin yang dituding dalang serangan 11 September 2001 di New York yang menewaskan lebih dari 3.000 orang, gugur dalam baku tembak dengan pasukan AS yang menyerbu tempat persembunyiannya di Pakistan pada 2 Mei 2011.[fq/anadolu]


latestnews

View Full Version