View Full Version
Ahad, 05 Nov 2017

AS Minta DK PBB Cegah Penggunaan Senjata Kimia

NEW YORK, AS (voa-islam.com) - Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley pada Jumat lalu menegur Dewan Keamanan PBB (DK-PBB) agar mengesampingkan permainan politik serta memenuhi tanggung jawab mereka dan menghentikan penggunaan senjata kimia.

Haley berkata, bila DK-PBB tak segera bertindak, aturan yang akan dibuat untuk Joint Investigative Mechanism (JIM) bisa gagal.

"Kita bisa lihat, mereka menggunakan senjata kimia untuk menyerang masyarakat sipil di Suriah lagi. Kecuali DK-PBB mengambil langkah untuk segera memperbarui mandat untuk JIM, tidak akan ada alat yang independen dan imparsial untuk memutuskan siapa yang paling bertanggung jawab atas serangan mengerikan ini," ujar dia.

Usaha AS untuk memperpanjang mandat JIM akan berlanjut, kata Haley. "Negara anggota DK-PBB harus mengesampingkan permainan politik dan memenuhi kewajiban mereka melindungi dunia dari penggunaan senjata kimia."

Investigasi yang dilakukan oleh PBB bersama dengan Organization for the Prohibition of Chemical Weapons, atau lebih dikenal dengan nama JIM, dibuat oleh DK-PBB pada Agustus 2015 setelah adanya laporan serangan dengan senjata kimia di Suriah.

AS kini meminta perpanjangan 2 tahun untuk mandat JIM yang habis masa berlaku pada 17 November nanti.

Di tempat terpisah, Rusia meminta agar mandat JIM diperpanjang selama enam bulan saja. Setelah itu, Rusia menginginkan investigasi baru menggantikan laporan penyelidikan yang sekarang. Penyelidikan sejauh ini melibatkan investigasi lengkap yang menunjuk rezim Bashar al-Assad menggunakan gas sarin di Khan Sheikhun pada April silam.

Serangan dengan senjata kimia yang ditujukan pada masyarakat sipil dan pejuang oposisi terus berlanjut sejak serangan pada Agustus 2013 menewaskan lebih dari 1.400 orang di Ghouta Timur, dekat Damaskus.

The Syrian Netwiork for Human Rights mengaku telah mendokumentasi setidaknya 174 serangan dengan senjata kimia sejak September 2013, di waktu yang bersamaan dengan ketika DK-PBB membuat resolusi untuk membongkar gudang senjata milik Suriah.[fq/anadolu]


latestnews

View Full Version