View Full Version
Senin, 06 Nov 2017

Menteri Turki: Kelompok Sayap Kanan dan Rasis adalah Daesh Eropa

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Menteri urusan Uni Eropa Turki pada hari Sabtu (4/11/2017) membandingkan kelompok-kelompok sayap kanan dan rasis dengan kelompok teroris, memperingatkan ancaman yang mereka namapakkan terhadap semua orang di Eropa.

"Kelompok ekstrim kanan dan rasis sama dengan Daesh," kata Omer Celik, menyebut akronim Arab untuk Islamic State (IS) pada saluran berita CNN Turk dalam sebuah wawancara.

Celik mengatakan bahwa jika kelompok-kelompok ini tumbuh lebih kuat, ini akan menjadi "ancaman besar bagi orang-orang demokratis dan tidak berdosa di Eropa dan juga Muslim dan Turki".

Munculnya populis sayap kanan di seluruh Eropa, banyak di antaranya mendukung retorika anti-Muslim dan anti-migran, telah membuat khawatir Turki dalam beberapa tahun terakhir.

Ditanya tentang perkembangan Eropa baru-baru ini mulai dari Brexit hingga separatisme di Catalonia, Celik mengatakan bahwa kemakmuran dan stabilitas Eropa harus dilindungi untuk kepentingan nasional Turki.

Celik juga mengkritik tuntutan Eropa agar Turki mengubah undang-undang anti-terorisme sebagai bagian dari penawaran keanggotaan UE, dengan mengatakan bahwa mereka mencoba untuk memaksakan agenda luar.

"Alih-alih mengajukan proposal yang tepat ke Turki atas nama 'kehendak untuk melakukan reformasi,' mereka hanya datang dengan sebuah proposal dari agenda mereka sendiri. Ini mencegah kemauan untuk melakukan reformasi dari pengembangan, "katanya.

"Dalam keadaan seperti ini, tidak ada yang mengalahkan Turki dalam melawan terorisme," tambah Celik. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version