View Full Version
Senin, 13 Nov 2017

Turki Kirim Bantuan bagi Korban Gempa Iran-Irak

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki telah mengirim petugas darurat dan bantuan ke Irak utara setelah gempa hari Ahad di perbatasan Irak-Iran, kantor berita AFP melaporkan hari Senin (13/11/2017).

Perdana Menteri Binali Yildirim mengatakan negaranya telah mengambil tindakan segera untuk memberikan bantuan medis dan makanan ke Irak utara.

Kerem Kinik, wakil presiden Bulan Sabit Merah Turki, mengatakan kepada The Associated Press dari gerbang perbatasan Habur bahwa 33 truk bantuan sedang dalam perjalanan ke kota Irak Sulaimaniyah, membawa 3.000 tenda dan pemanas, 10.000 tempat tidur dan selimut serta makanan.

Militer Turki mengatakan sebuah pesawat kargo yang mengangkut petugas bantuan dan darurat tiba di Irak dan kantor berita resmi Turki Anadolu melaporkan beberapa kali pengiriman oleh layanan bencana negara tersebut.

Kementerian luar negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang-orang Turki berdiri dengan rakyat Iran dan Irak dan siap untuk membantu Iran jika diminta.

Hubungan antara wilayah semi-otonom Kurdi Irak dan Turki tegang menyusul referendum kemerdekaan kontroversial Irak Kurdi bulan September lalu.

Sementara itu, pemerintah Pakistan juga menyampaikan belasungkawa terdalam atas hilangnya nyawa dan luka-luka yang diderita oleh "saudara Iran dan Irak kita."

Menteri Luar Negeri Khawaja Muhammad Asif mengatakan "pikiran dan doa Pakistan" untuk saudara-saudara Iran dan Irak yang kehilangan nyawa mereka dalam bencana tragis ini dan kami berdoa untuk pemulihan yang cepat dari yang terluka. " (st/AFP) 

Share this post..

latestnews

View Full Version