View Full Version
Sabtu, 18 Nov 2017

Rusia Kembali Veto Resolusi Senjata Kimia Suriah

NEW YORK (voa-islam.com) - Rusia kembali memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB menyangkut pembaruan mandat penyelidikan serangan senjata kimia oleh pemerintah Suriah. Dan veto yang dilakukan Rusia ini merupakan yang kesebelas kalinya dilakukan negara tersebut.

Rancangan resolusi kesebelas ini diajukan Jepang dan berisi penambahan mandat kerja Mekanisme Penyelidikan Bersama (JIM), namun diveto Rusia demi mencegah menjadi resolusi setelah 12 anggota Dewan Keamanan PBB menyetujui draft ini. Cina abstain, sedangkan Bolivia menentang.

"Rusia telah menyia-nyiakan waktu kita. Rusia tak punya niat untuk menemukan landasan bersama demi menyelamatkan JIM," kata Duta Besar AS di PBB Nikki Haley, seperti dilansir AFP.

Menurut Haley, Rusia tidak akan menyetujui mekanisme apa pun yang bisa membuka fakta penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah yang merupakan sekutunya.

Sebuah resolusi PBB membutuhkan sembilan suara setuju, namun lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB - Inggris, Cina, Prancis, Rusia dan AS - bisa menggagalkan resolusi itu dengan hak veto mereka.[fq/afp]


latestnews

View Full Version