View Full Version
Jum'at, 24 Nov 2017

Kesehatan Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi Memburuk di Penjara

KAIRO, MESIR, voa-islam.com) - Kesehatan mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi, yang digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer 2013, memburuk, kata anaknya hari Kamis (23/11/2017) malam.

Di Facebooknya, Ahmed Morsi, putra sulung mantan presiden tersebut, mengatakan bahwa pejabat penjara Mesir "bersikeras untuk tidak menyediakan ayah saya - yang masih dipenjara selama empat setengah tahun - perawatan medis yang dibutuhkan meskipun kesehatannya memburuk."

Sementara itu, anak bungsu Morsi, Abdullah, telah meminta pihak berwenang untuk memindahkan ayahnya yang berusia 66 tahun ke rumah sakit swasta sehingga ia dapat menjalani operasi untuk kondisi mata yang disebabkan oleh diabetes.

Pada sidang pengadilan hari Rabu, seorang hakim memerintahkan agar Mursi menjalani pemeriksaan medis dengan menanggung biaya sendiri.

Mursi saat ini menjalani hukuman 20 tahun penjara karena "membunuh demonstran" pada tahun 2013.

Mantan presiden tersebut menghadapi sejumlah tuntutan tambahan, mulai dari "pembobolan" sampai "mata-mata". Mursi, bersama dengan sejumlah terdakwa, telah secara konsisten membantah tuduhan terhadapnya tersebut, sementara banyak pengamat independen mengatakan bahwa tuduhan tersebut bermotif politik.

Seorang pemimpin kelompok Ikhwanul Muslimin yang sekarang dilarang, Mursi menjadi presiden pertama yang terpilih secara bebas di negara itu pada pertengahan 2012.

Satu tahun kemudian, bagaimanapun, dia digulingkan oleh militer Mesir yang dipimpin oleh Abdel Fattah Al-Sisi yang kini menjadi presiden, menewaskan ribuan pendukungnya dan melemparkan puluhan ribu lainnya di balik jeruji besi. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version