View Full Version
Kamis, 30 Nov 2017

Sami Gamayel Sebut Syi'ah Hizbullata Jajah dan Awasi Penduduk Libanon

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Anggota Parlemen yang juga ketua Partai Kataeb Sami Gemayel pada hari Rabu (29/11/2017) menyatakan bahwa "Libanon dijajah" dan bahwa orang Libanon "tinggal di bawah pengawasan Syi'ah Hizbulla ta."

"Stabilitas harus disertai dengan kedaulatan, kebebasan dan demokrasi yang nyata, dan sayangnya mereka meminta kami hari ini untuk memilih antara kebebasan dan stabilitas di masa depan era Suriah," kata Gemayel dalam sebuah wawancara di Future TV.

"Kami tinggal di bawah pengawasan Hizbullah (baca; Hizbullata) atas Libanon dan sebuah partai lokal tidak memiliki hak untuk memaksakan agendanya pada semua orang Libanon," tambahnya.

Mengomentari seruan untuk stabilitas menyusul pengunduran diri Perdana Menteri Saad Hariri dari Riyadh, Gemayel mengatakan: "Kita semua menginginkan stabilitas tapi seharusnya tidak menjadi alasan untuk memaksa orang Libanon hidup di bawah pengawasan."

"Kami belum melupakan apa yang terjadi pada 7 Mei (2008) ketika senjata (Syi'ah Hizbullata) digunakan di dalam negeri.

Senjata diletakkan di atas meja dan bisa digunakan kapan saja, "tambah Gemayel. "Libanon diduduki, keputusan negara dibajak dan orang Libanon bukanlah tuan dari nasib mereka sendiri. Pemilihan presiden adalah contoh terbaik, "lanjutnya.

Mengenai pengunduran diri Hariri yang tidak biasa dari Arab Saudi, yang dia balikkan minggu lalu, Gemayel mengatakan bahwa dia "tidak menyukai cara dimana Hariri mengundurkan diri dari luar negeri."

"Hariri rupanya berpegangan pada penyelesaian dan ini adalah sesuatu yang masih saya tolak," kata pemimpin Kataeb tetsebut.

"Masalah kita dengan penyelesaian adalah bahwa ini adalah penyelesaian yang dibangun berdasarkan kepentingan, bukan visi untuk negara," jelasnya.

Hariri mengatakan pada hari Senin bahwa dia akan mengundurkan diri jika Syi'ah Hizbullata menolak untuk menerima pengaturan pembagian kekuasaan baru untuk Libanon.

Perdana Menteri tersebut mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan diri pada 4 November, namun berhasil mengembalikannya setelah kembali ke negaranya minggu lalu.

Pengumuman asli, yang dibuat dari ibukota Saudi Riyadh, secara luas dilihat seperti diatur oleh Arab Saudi untuk menekan politisi Libanon itu agar mengambil tindakan lebih keras untuk mengendalikan Hizbullah.

Hariri mengatakan Senin bahwa dia ingin mengirim "kejutan positif" ke seluruh Libanon melalui pengunduran dirinya, dan membantah bahwa pejabat Saudi memaksanya untuk mengundurkan diri.

Hariri menuntut agar Hizbullata melepaskan diri dari konflik regional, dari Suriah ke Irak, Bahrain, dan Yaman. Syi'ah Hizbullata sendiri membantah peran militer mereka di Yaman namun memiliki pejuang di Irak dan Suriah. (st/AFP) 


latestnews

View Full Version