View Full Version
Rabu, 06 Dec 2017

Koalisi Pimpinan AS Klaim Jumlah Pejuang IS di Irak dan Suriah Hanya Tersisa Kurang dari 3000

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Ada kurang dari 3.000 pejuang dari kelompok Islamic State (IS) yang tersisa di Irak dan Suriah, koalisi pimpinan AS yang memerangi mujahidin mengatakan pada hari Selasa (5/12/2017).

Pasukan Irak mengumumkan peluncuran sebuah operasi besar pada November untuk mendorong pejuang Islamic State yang tersisa dari gurun barat dekat perbatasan dengan Suriah.

Lahan yang tandus dan jarang penduduknya antara sungai Tigris dan Efrat adalah tempat perlindungan terakhir di Irak setelah tentara dan paramiliter menggusir mereka dari lembah dan semua daerah perkotaan.

"Perkiraan saat ini adalah bahwa ada kurang dari 3.000 pejuang Daesh yang tersisa - mereka masih tetap menjadi ancaman, namun kami akan terus mendukung pasukan mitra kami untuk mengalahkan mereka," kata juru bicara koalisi Ryan Dillon di Twitter, menggunakan akronim alternatif untuk IS.

Di Suriah, IS telah menghadapi serangan balik yang terpisah oleh pasukan yang didukung oleh Rusia dan AS di provinsi Deir Al-Zor dan sekarang mengendalikan hanya sebagian kecil wilayah di sepanjang sungai Efrat.

Bulan lalu, tentara Suriah dan sekutu-sekutunya menggulingkan kelompok Islamic State dari kubu kota terakhirnya di Al-Bukamal di provinsi timur Deir Al-Zour.

IS merebut wilayah yang luas dari Suriah dan Irak tetangga dalam sebuah kampanye singkat yang berlangsung pada tahun 2014, namun tahun ini telah kehilangan banyak wilayah yang pernah dikuasainya.

AS telah mulai menurunkan jumlah pasukannya yang dikerahkan untuk melawan IS, dengan koalisi mengatakan pada akhir November bahwa lebih dari 400 marinir yang membantu merebut kembali kota Suriah Raqqa ditarik mundur. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version