View Full Version
Kamis, 07 Dec 2017

Rusia Klaim Misi Kalahkan Islamic State (IS) di Suriah Telah Selesai

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Kementerian pertahanan Rusia pada hari Kamis (7/12/2017) mengklaim bahwa misinya untuk menggulingkan Islamic State (IS) dari Suriah telah "selesai" dan negara tersebut "benar-benar dibebaskan" dari kelompok tersebut.

"Tujuan angkatan bersenjata Rusia untuk mengalahkan kelompok-kelompok bersenjata organisasi teroris ISIL di Suriah telah selesai," klaim perwira militer senior Sergei Rudskoi dalam sebuah briefing, dengan menggunakan akronim alternatif untuk kelompok tersebut.

Jenderal Rusia Valery Gerasimov sesumbar kepada atase militer asing bahwa "semua gerombolan IS di wilayah Suriah telah dihancurkan dan wilayahnya telah dibebaskan."

Gerasimov mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibawakan oleh kantor berita Rusia bahwa pasukan pemerintah Suriah yang datang dari dua arah bertemu di Suriah timur pada hari Rabu, menyelesaikan rute tersebut.

Dia mengklaim "tidak ada lagi wilayah di bawah kendali IS di Suriah," namun kelompok tersebut diyakini masih mempertahankan kehadirannya di beberapa wilayah yang tersebar.

Militer Rusia mengatakan telah memberikan dukungan udara kepada pasukan Kurdi dan suku-suku setempat di provinsi kaya minyak Deir Al-Zour di Suriah timur dan membantu mengkoordinasikan serangan mereka terhadap IS.

Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin Kurdi pada hari Ahad mengucapkan terima kasih kepada AS dan Rusia atas dukungan militer mereka, beberapa hari setelah AS mengumumkan akan menghentikan mempersenjatai kelompok tersebut.

Rusia meluncurkan kampanye udara untuk mendukung pasukan Presiden Bashar Assad melawan mujahidin di Suriah pada tahun 2015. (st/AFP)

Share this post..

latestnews

View Full Version