View Full Version
Senin, 11 Dec 2017

Fans Glasgow Celtic FC: Yerusalem Adalah Palestina, F**k Trump!

GLASGOW, SKOTLANDIA (voa-islam.com) - Meskipun pernah didenda tahun lalu oleh otoritas tertinggi sepakbola Eropa, UEFA, karena menunjukkan empati kepada Palestina, penggemar klub sepak bola Glasgow Celtic Skotlandia tidak kapok dan kembali menunjukkan rasa solidaritas mereka terhadap bangsa yang sedang dianiaya oleh rezim Zionis Yahudi.

Hal ini mereka lakukan menyusul pengakuan presiden AS bahwa Yerusalem adalah Ibukota sah dari Israel.

Selama pertandingan di stadion Easter Road di Edinburgh, pendukung klub sepak bola Celtic menunjukkan ketidaksenangan mereka dengan pengumuman Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, dengan menaikkan spanduk sebelum kick-off. Spanduk bertuliskan: Yerusalem adalah Palestina. F**k Trump.

Tahun lalu, tampilan fans berupa bendera Palestina saat pertandingan UEFA melawan tim Israel membuat klub tersebut didenda £ 82.000.

Sebagai tanggapan, para penggemar memutuskan untuk mengumpulkan uang dengan jumlah yang setara dengan denda, bukan untuk klub, tapi untuk pengungsi Palestina.

Jadi dengan target £ 82.000, para penggemarnya mengumpulkan lebih dari £ 160.000 untuk Palestina. Sebagai tanggapan atas solidaritas yang ditunjukkan oleh para penggemar Celtic, para pengungsi Palestina di sebuah kamp di Bethlehem, memutuskan untuk mengumpulkan uang untuk membayar denda yang dikenakan pada klub tersebut. Ketegangan meningkat di wilayah Palestina sejak keputusan Presiden AS Donald Trump untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Sebagian besar negara menganggap Yerusalem Timur, yang dianeksasi Israel setelah merebutnya dalam sebuah perang pada tahun 1967, sebagai wilayah yang diduduki, dan mengatakan bahwa status kota tersebut harus diputuskan untuk diputuskan pada pembicaraan Israel-Palestina di masa depan.

Sementara masyarakat internasional hampir semuanya tidak sepakat dengan pengumuman Donald Trump, laporan menunjukkan bahwa pengumuman tersebut dilakukan dengan kesepakatan awal antara Mesir dan Arab Saudi, dengan Arab Saudi mengatakan, sejauh yang diminta, kepada Presiden Palestina untuk menerima sebuah desa di pinggiran Yerusalem sebagai ibukota Palestina alternatif. (st/MeMo) 


latestnews

View Full Version