View Full Version
Selasa, 12 Dec 2017

Protes Keputusan Trump, Demonstran Chili: Yerusalem Adalah Palestina

SANTIAGO, CHILI (voa-islam.com) - Warga Chili telah melakukan demonstrasi besar di ibukota, Santiago, sebagai protes atas pengakuan Presiden AS Donald Trump terhadap Al-Quds Yerusalem sebagai "ibukota" Israel.

Sekitar 2.000 orang berdemonstrasi di depan kedutaan besar AS di ibukota tersebut, melambai-lambaikan bendera Palestina dan memegang spanduk bertuliskan "Trump, Yerusalem [al-Quds] adalah Palestina."

Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan para pemrotes, yang memblokir jalan-jalan kota. Demo tersebut diselenggarakan oleh anggota masyarakat Palestina di Chile, salah satu yang terbesar di Amerika Latin.

Pada tanggal 6 Desember, Trump memicu kemarahan internasional saat dia menyatakan bahwa Washington mengakui Al-Quds Yerusalem sebagai "ibukota" Israel dan bahwa dia telah menginstruksikan pemerintahannya untuk memulai proses pengalihan kedutaan besar Amerika dari Tel Aviv ke kota kuno tersebut.

Langkah Trump membalikkan beberapa dasawarsa diplomasi Amerika, menyebabkan reaksi diplomatik global yang luar biasa dan memicu protes oleh orang-orang Palestina dan bentrokan mereka dengan pasukan Israel.

Al-Quds Yerusalem tetap menjadi inti konflik Israel-Palestina, dengan orang-orang Palestina berharap bahwa bagian timur kota itu pada akhirnya akan berfungsi sebagai ibukota negara Palestina merdeka yang akan datang. (st/ptv) 


latestnews

View Full Version